Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MA Muhammadiyah Tegal Lega

Authors

  • Asep Waluya Aswal Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Qisha Shafa
  • Sitti Chadidjah

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v6i2.71397

Keywords:

Supervisi, Kinerja Guru, Kepala Sekolah

Abstract

Supervisi kepala sekolah menjadi faktor krusial dalam meningkatkan kinerja guru di MA Muhammadiyah Tegal Lega. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik supervisi kepala sekolah yang efektif dalam mencapai tujuan tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui pendekatan yang proaktif dan inklusif mampu memberikan dorongan positif terhadap kinerja guru. Implementasi strategi supervisi yang berfokus pada pembinaan, pemberian umpan balik konstruktif, serta pengembangan profesionalisme guru menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Selain itu, komunikasi yang terbuka dan kolaboratif antara kepala sekolah dan guru juga memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan praktik supervisi kepala sekolah yang berorientasi pada peningkatan kinerja guru di lembaga pendidikan Islam.

Author Biography

Asep Waluya Aswal, Universitas Muhammadiyah Bandung

UniversitasMuhammadiyah Bandung

References

Afriyanli, Hana Khairi, And Ahmad Sabandi, "˜PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU', JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5.1 (2020), 51–55

Afriyanli, Hana Khairi, And Ahmad Sabandi, "˜PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU', JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5.1 (2020), 51–55

Djuhartono, Tjipto, Ulfiah Ulfiah, Hanafiah Hanafiah, And Deti Rostini, "˜SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU KEJURUAN', Research and Development Journal Of Education, 7.1 (2021), 101–15

Gaol, Nasib Tua Lumban, And Paningkat Siburian, "˜Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru', Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5.1 (2018), 66–73

Ginting, Ribka, "˜FUNGSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU', JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1.1 (2020), 88–93

Rahman, Abd, "˜SUPERVISI DAN PENGAWASAN DALAM PENDIDIKAN', PILAR, 12.2 (2021), 50–65

Ramadhan, Ahmad, "˜Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene', Journal Of Educational Science And Technology, 3.2 (2017), 136–44

Sanglah, I. Nyoman, "˜Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah Pada Sekolah Dasar', Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4.3 (2021), 528–34

"˜S_PGSD_1904270_Chapter3.Pdf' [Accessed 5 February 2024]

Turmidzi, Imam, "˜IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH', Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4.1 (2021), 33–49

Wahib, Abd, "˜Manajemen Evaluasi Program Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan', Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3.1 (2021), 91–104

Wandra, Dedi, Sufyarma Marsidin, And Rifma Rifma, "˜Peranan Supervisi Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan', EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3.6 (2021), 3647–53

Kamijan, Y. (2021). Faktor Internal Dan Faktor Eksternalterhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 630–638. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.589

Rivai, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1). https://doi.org/ 10.30596%2Fmaneggio.v4i1.6715

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Pratiwi, N. L.A. M., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32884

Sohim, B., Syah, S., & Hanafiah, H. (2021). Kompetensi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI Di SMP Nurul Ihsan Banjaran Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Manjemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.31602/jmpd.v1i2.5133

Noor, M. (2018). Peningkatan Kinerja Guru melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik. Journal of Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 45. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i1.2177

Saifullah, S. (2020). Determinasi Motivasi Dan KinerjaGuru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus Di SMAN Negeri 1 Kota Bima) Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.340.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Aswal, A. W., Shafa, Q., & Chadidjah, S. (2024). Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MA Muhammadiyah Tegal Lega. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 6(2), 24–37. https://doi.org/10.21831/jump.v6i2.71397