PENDEKATAN SUPERVISI KOLABORATIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN YANG KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69839Abstract
Abstrak: Guru merupakan ujung tombak pendidikan karena guru secara langsung berinteraksi dengan siswa-siswi baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Guru dituntut untuk memiliki profesionalitas dalam mengajar guna meningkatkan mutu pendidikan yang ada. Profesionalitas guru perlu untuk dilatih dan diasah. Oleh karena itu salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengoptimalkan peran kepala sekolah sebagai supervisor untuk mendampingi guru dalam meningkatkan profesionalitasnya. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan atau library research yakni memperoleh data dengan cara melihat penelitian-penelitian terdahulu yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan supervisi kolaboratif memberikan ruang bagi guru untuk berekspresi dan mengeluarkan ide-ide yang inovatif dan kreatif dalam meningkatkan kemampuan pembelajarannya. Kepala sekolah memberikan pendampingan dan memposisikan diri sebagai teman sejawat guru sehingga guru dapat meningkatkan kemampuan dalam kegiatan pembelajaran yang kreatif.Downloads
Published
2024-04-30
How to Cite
Dewi, T. kusuma dewi R. (2024). PENDEKATAN SUPERVISI KOLABORATIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN YANG KREATIF. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 6(1), 91–98. https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69839
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.