Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kompetensi TPACK

Authors

  • Sasikirana Zahra Maheswari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Naila Rahma Mufida UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Wildan Saiful Haqq UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurul Arfinanti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69667

Abstract

Manajemen sumber daya manusia adalah segala upaya konkret yang mencakup perencanaan, organisasi, koordinasi, pelaksanaan, dan pemantauan terhadap semua kegiatan yang terkait dengan pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, atau pemisahan karyawan dengan tujuan mencapai sasaran tertentu. Manajemen sumber daya manusia di sekolah penting dilaksanakan agar sumber daya manusia dalam hal ini adalah guru, dapat terorganisir sehingga terbentuk SDM yang unggul. Hal ini dalam rangka mewujudkan guru yang memiliki kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge harus memaksimalkan sumber daya manusia yang terdapat di sekolah. Maka dari itu, penelitian ini  bermaksud untuk menggali secara lebih mendalam  mengenai peran manajemen sumber  daya manusia dalam meningkatkan kompetensi TPACK Guru di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Pada penelitian ini, penulis menerapkan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif pada penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan dan Menguraikan temuan atau fenomena dan menyajikannya sesuai dengan apa adanya, mengacu pada fakta atau hasil temuan di lapangan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berupa teks wawancara yang dilakukan oleh dua narasumber yang mana adalah salah satu guru mata pelajaran dan waka kurikulum dan SDM. Berdasarkan penelitian ini, didapatkan bahwa peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kompetensi TPACK guru di SMA Negeri 9 Yogyakarta yang telah dikendalikan oleh waka kurikulum dan SDM sudah berperan dengan baik. Hal tersebut dapat diamati dari pencapaian tujuan dari manajemen sumber daya manusia yang telah dirancang.

References

'Aziizah, 'Aabidah Ummu, Bella, N., & Ibrahim, I. (2021). Pembelajaran Advokasi: Solusi Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Abad 21. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 271–288. doi:10.37680/qalamuna.v13i2.886

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi (Vol. 22).

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Almasri, M. N. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi Dalam Pendidikan Islam. Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi Dalam Pendidikan Islam., Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19. doi:10.1002/eji.201370106

Aprianty, D. N., Fernanda, W., Rahmadina, R., & Asy'ari, H. (2023). Analisis Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 5(1). doi:10.21831/jump.v5i1.60749

Armiyati, L., & Habib, F. M. (2022). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Calon Guru di Tasikmalaya. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 09(02).

Ayu, S. A., Putri, K., Studi, P., Pendidikan, M., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2021). Sistem Rekrutmen Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01).

Cahya Yolanda, K., Oktaviany, V., Dwiprabowo, R., Guru Sekolah Dasar, P., & Kusuma Negara, S. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Peningkatan Hasil Belajar Tematik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Technological-Pedagogical-Content-Knowledge (TPACK), 236–242.

Faiz, A., Kurniawaty, I., & Purwati. (2020). Construction Of Empathy Procial Value Through Experiment Social Based Project Learning Method (Discovering Cultural Themes Study In Sumber-Cirebon Community). doi: 10.29313/tipi.v9i1.6220

Herawati, H. (2021). Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Kimia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 1(4).

Hizkia Tobing, D., Vembriati, N., Kartika Herdiyanto, Y., Made Ari Wilani, N., Puri Astiti, D., Made Swasti Wulanyani, N. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Denpasar: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran UNIVERSITAS UDAYANA.

Humas UNY. (2021). Guru Harus Kuasai Teknologi Dalam Mengajar. Retrieved 21 December 2023, from https://www.uny.ac.id/id/berita/guru-harus-kuasai-teknologi-dalam-mengajar

Husaini, R. N., & Sutama, S. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Instansi Pendidikan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1). doi:10.30651/didaktis.v21i1.6649

Idrus, R. L., Baharullah, B., & Saleh, S. F. (2022). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Profile Elementary School Teachers on Geometry Materials Judging from Teaching Experience. Buana Pendidikan Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18(2). doi:10.36456/bp.vol18.no2.a5422

Janah, E. F. (2022). Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2). doi:10.20961/jkc.v10i2.65655

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). doi:10.35914/tomaega.v3i2.413

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah, Nn. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. doi:10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Koesoema, D. (2018). Pendidik karakter di zaman keblinger. Jakarta: Grasindo.

Kurniasih, N. (2020). Kompetensi Technological Pedagogical Knowledge (Tpk) Guru Pada Praktik Pembelajaran Di Kelas Olimpiade Sma Negeri 3 Semarang Skripsi. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Kurniawan, A. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Sultan Agung Cirebon. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1). doi:10.15575/isema.v5i1.8323

Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.

Maharani, D. P., Hermawan, H., Wulandari, D. T., Ismawarti, N. Y., Kancanadana, G., & Sayekti, I. C. (2021). Analis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Surakarta. Jurnal Basicedu, 5(6). doi:10.31004/basicedu.v5i6.1501

Malik, A., & Susanti, S. (2021). Penguatan Konten dan Pedagogik Konten Melalui Lesson Study.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma'shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2). doi:10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma'shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. doi:10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mishra, P., Flynn, J. M., Starr, T. N., & Bolon, D. N. A. (2016). Systematic Mutant Analyses Elucidate General and Client-Specific Aspects of Hsp90 Function. Cell Reports, 15(3). doi:10.1016/j.celrep.2016.03.046

Najri, P. (2020). MGMP Dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1).

Nevrita, N., Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK pada Media Pembelajaran Guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 203–217. doi:10.24815/jpsi.v8i2.16709

Rachman, A. D., & Karwanto. (2021). Leadership Content Knowledge Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi TPACK Guru di Era Digital. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5).

Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Mardhotillah, R. R., Basuki, E. P., & Wardhani, R. P. (2022). Integrasi TPACK pada Pembelajaran Virtual: Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 3(4). doi:10.47679/ib.2022319

Safitri, J., Rizky, S., & Rachma, K. (2021). Upaya Guru Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan menggunakan Pendekatan TPACK. PGSD, 1(1).

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1). doi:10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Syafri. (2020). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Indonesia Journal Of Islamic Educational Manajement, 3(2).

Tatang, S, (2016). Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Wahyu Setyawan, S., Makkasau, A., & Syahrani. (2022). Penerapan Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas III SD Negeri Segaralangu 02 Cipar. Pinisi Journal PGSD, 2.

Wahyuni, T. (2021). Supervisi Klinis oleh Kepala Sekolah guna Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengelola Administrasi Kelas di SD Negeri 42 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 8(2). doi:10.33394/jp.v8i2.3561

Yuliyanti, N. (2020). Kompetensi Guru Abad 21 Sebagai Tuntutan Generasi Z. Silabus.Web.Id.

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1). doi:10.24853/fbc.8.1.47-60

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Maheswari, S. Z., Mufida, N. R., Haqq, W. S., & Arfinanti, N. (2024). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kompetensi TPACK. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 6(1), 73–90. https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69667

Issue

Section

Articles