PENERAPAN COSTUMER FOCUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATER DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69527Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aspek bukti fisik (tangibles), (2) aspek empati (empathy),(3) Aspek reliability,(4) Aspek Daya tanggap (responsiveness), dan (5) aspek Jaminan (assurance). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif dengan jenis deskriptif analisis. Dari data masing-masing dimensi mutu layanan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) Mutu layanan aspek bukti fisik (tangible) kersediaannya fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran dengan keseluruhan 30 ruang kelas dan total 7 lantai dalam satu gedung. Pihak SMP Muhammadiyah 2 Taman juga memberikan fasilitas lift serta tetap memberikan layanan kesehatan dan sarana ruang baca. (2) Mutu layanan aspek empati (empathy) ditunjukkan dengan adanya kepedulian pada pengguna jasa dalam hal ini siswa, adanya perhatian pada siswa yang memiliki tingkat kemampuan dibawah rata-rata. (3) Mutu layanan aspek kehandalan (reliability) adalah dengan memberikan layanan yang sesuai dengan yang dijanjikan, setiap informasi yang disampaikan akurat dan tepat sasaran. (4) Mutu layanan aspek daya tanggap (responsiveness) pihak ditunjukan dengan kesediaan dan kemampuan baik kritik maupun saran. (5) Mutu layanan aspek jaminan (assurance) menciptakan kepercayaan dan memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa tingkat keberhasilan proses pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Taman cukup memuaskanDownloads
Published
2024-04-30
How to Cite
Aulia, M. (2024). PENERAPAN COSTUMER FOCUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATER DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 6(1), 110–123. https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69527
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.