PENERAPAN COSTUMER FOCUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATER DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN

Authors

  • Maya Aulia Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69527

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aspek bukti fisik (tangibles), (2) aspek empati (empathy),(3) Aspek reliability,(4) Aspek Daya tanggap (responsiveness), dan (5) aspek Jaminan (assurance). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif dengan jenis deskriptif analisis. Dari data masing-masing dimensi mutu layanan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) Mutu layanan aspek bukti fisik (tangible) kersediaannya fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran dengan keseluruhan 30 ruang kelas dan total 7 lantai dalam satu gedung. Pihak SMP Muhammadiyah 2 Taman juga memberikan fasilitas lift serta tetap memberikan layanan kesehatan dan sarana ruang baca. (2) Mutu layanan aspek empati (empathy) ditunjukkan dengan adanya kepedulian pada pengguna jasa dalam hal ini siswa, adanya perhatian pada siswa yang memiliki tingkat kemampuan dibawah rata-rata. (3) Mutu layanan aspek kehandalan (reliability) adalah dengan memberikan layanan yang sesuai dengan yang dijanjikan, setiap informasi yang disampaikan akurat dan tepat sasaran. (4) Mutu layanan aspek daya tanggap (responsiveness) pihak ditunjukan dengan kesediaan dan kemampuan baik kritik maupun saran. (5) Mutu layanan aspek jaminan (assurance) menciptakan kepercayaan dan memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa tingkat keberhasilan proses pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Taman cukup memuaskan

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Aulia, M. (2024). PENERAPAN COSTUMER FOCUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATER DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 6(1), 110–123. https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69527

Issue

Section

Articles