Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Nilai Akreditasi Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69048Keywords:
Kepemimpinana kepala sekolah, budaya organisasi, akreditasiAbstract
Kepala sekolah memiliki kemampuan untuk memimpin dan membimbing sekolah. Kepemimpinan yang efektif memiliki potensi untuk memberikan dampak positif terhadap berbagai aspek operasional dan kualitas pendidikan di sekolah. Kepemimpinan yang kuat dan efisien dapat berdampak positif terhadap kinerja dan pelaksanaan proses akreditasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinanan kepala sekolah dan budaya organisasi dalam meningkatkan nilai akreditasi sekolah. Penelitian untuk studi ini dilakukan di sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari 100 para guru di lima SMP Negeri di Mamuju Tengah dipilih melalui teknik simple random sampling. Proses pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan program SPSS 24 for windows dalam tiga tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan dan budaya organisasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap peningkatan nilai akreditasi sekolah dengan nilai koefisien sebesar 0,485.
References
Nurkomariah, 1* Mirnawati2. (2023). MANAJEMEN AKREDITASI SEKOLAH / MADRASAH. 11(01), 1–14.
Bahri, S. (2010). Optimalisasi Kinerja Kepala sekolah. Jakarta.
Depdiknas. (2010). Mutu Sekolah Dasar. Depdiknas.
Husnah, A., Harapan, E., & Rohana, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38599
Irawan at all. (2020). Hubungan akreditasi sekolah dan supervisi oleh kepala sekolah dengan kualitas sekolah. Indonesian Journal of Educational Development, 8(2020), 10. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/800%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/download/800/771
Istyarini. (2008). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi, Terhadap Keunggulan Suatu Sekolah Di Sekolah Dasar Kabupaten Blora.
Kartono. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnorma Itu?
Kogoya, W., & Uruwaya, H. (2022). Pendampingan Penggunaan Iasp2020 Untuk Meningkatkan Kelayakan Akreditasi Sekolah Di Sma Yppk Asisi Sentani Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(1). https://doi.org/10.59818/jpm.v2i1.182
Multahadah, C. (2018). Analisis Klasifikasi Akreditasi Sma/Ma Berdasarkan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Se Provinsi Jambi Dengan Rltog: Analisis Klasifikasi Akreditasi Sma/Ma Berdasarkan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Se Provinsi Jambi Dengan Rltog. Eksakta: Berkala Ilmiah Bidang MIPA (E-ISSN: 2549-7464), 19(1), 113–117. https://doi.org/10.24036/eksakta/vol19-iss01/116
Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis sekolah. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=995
Nirwati. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMK SWASTA DIKECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN.
Putra, E. T., & Yunita, Y. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Simpang Empat. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 2(3), 143–152. https://doi.org/10.31846/jae.v2i3.110
Rivai. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Perusahaan,. Cetakan pertama.
Sarwono. (2006). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. https://www.academia.edu/21354427/Metode_penelitian_kuantitatif_and_kualitatif_Jonathan_Sarwono
Suardika at al. (2014). Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(3). https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i3.716
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.