Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Nilai Akreditasi Sekolah

Authors

  • Narmayani Narmayani UNIVERSITAS NEGERI MALANG

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69048

Keywords:

Kepemimpinana kepala sekolah, budaya organisasi, akreditasi

Abstract

Kepala sekolah memiliki kemampuan untuk memimpin dan membimbing sekolah. Kepemimpinan yang efektif memiliki potensi untuk memberikan dampak positif terhadap berbagai aspek operasional dan kualitas pendidikan di sekolah. Kepemimpinan yang kuat dan efisien dapat berdampak positif terhadap kinerja dan pelaksanaan proses akreditasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinanan kepala sekolah dan budaya organisasi dalam meningkatkan nilai akreditasi sekolah. Penelitian untuk studi ini dilakukan di sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari 100 para guru di lima SMP Negeri di Mamuju Tengah dipilih melalui teknik simple random sampling. Proses pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan program SPSS 24 for windows dalam tiga tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan dan budaya organisasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap peningkatan nilai akreditasi sekolah dengan nilai koefisien sebesar 0,485.

Author Biography

Narmayani Narmayani, UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Program Pascasarjana, S2 Manajemen Pendidikan.

References

Nurkomariah, 1* Mirnawati2. (2023). MANAJEMEN AKREDITASI SEKOLAH / MADRASAH. 11(01), 1–14.

Bahri, S. (2010). Optimalisasi Kinerja Kepala sekolah. Jakarta.

Depdiknas. (2010). Mutu Sekolah Dasar. Depdiknas.

Husnah, A., Harapan, E., & Rohana, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38599

Irawan at all. (2020). Hubungan akreditasi sekolah dan supervisi oleh kepala sekolah dengan kualitas sekolah. Indonesian Journal of Educational Development, 8(2020), 10. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/800%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/download/800/771

Istyarini. (2008). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi, Terhadap Keunggulan Suatu Sekolah Di Sekolah Dasar Kabupaten Blora.

Kartono. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnorma Itu?

Kogoya, W., & Uruwaya, H. (2022). Pendampingan Penggunaan Iasp2020 Untuk Meningkatkan Kelayakan Akreditasi Sekolah Di Sma Yppk Asisi Sentani Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(1). https://doi.org/10.59818/jpm.v2i1.182

Multahadah, C. (2018). Analisis Klasifikasi Akreditasi Sma/Ma Berdasarkan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Se Provinsi Jambi Dengan Rltog: Analisis Klasifikasi Akreditasi Sma/Ma Berdasarkan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Se Provinsi Jambi Dengan Rltog. Eksakta: Berkala Ilmiah Bidang MIPA (E-ISSN: 2549-7464), 19(1), 113–117. https://doi.org/10.24036/eksakta/vol19-iss01/116

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis sekolah. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=995

Nirwati. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMK SWASTA DIKECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN.

Putra, E. T., & Yunita, Y. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Simpang Empat. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 2(3), 143–152. https://doi.org/10.31846/jae.v2i3.110

Rivai. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Perusahaan,. Cetakan pertama.

Sarwono. (2006). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. https://www.academia.edu/21354427/Metode_penelitian_kuantitatif_and_kualitatif_Jonathan_Sarwono

Suardika at al. (2014). Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(3). https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i3.716

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Narmayani, N. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Nilai Akreditasi Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 6(1), 59–72. https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.69048

Issue

Section

Articles