Analisis Manajemen Fasilitas Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Samirono
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.68832Abstract
Manajemen fasilitas pendidikan merupakan proses dalam mengelola sarana dan prasarana sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien. Penelitian manajemen fasilitas pendidikan di SD Negeri Samirono ini memiliki tujuan utama (1) untuk mendeskripsikan alur manajemen fasilitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Samirono. (2) mengidentifikasi permasalahan yang muncul, dan (3) mengetahui solusi yang diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penggalian data menggunakan observasi lapangan, studi pustaka serta wawancara dengan salah satu guru sekaligus operator sekolah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alur manajemen fasilitas pendidikan di SD Negeri Samirono mencakup beberapa tahapan utama, yaitu perencanaan, pengadaan, penggunaan, serta pemeliharaan yang dilakukan secara berkala. Adapun kendala yang dihadapi adalah ketersediaan dana dan sumber daya manusia dalam mengelola fasilitas pendidikan.
References
Dirjen Dikdasmen Depdikbud. (1997). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.
Dulloh, H., Shihabuddin, M. I., & Johairi. (2023). Pentingnya Manajemen Fasilitas Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Al-Muttaqin Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(2), 171-182.
Hasnadi. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. BIDAYAH : Studi Ilmu-ilmu Keislaman, 12(2), 153-164.
Kompri. (2014). Manajemen Pendidikan 1. Bandung: Alfabeta.
Moleong J.Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pamungkas, Tri Budi. (2013). Pengelolaan Fasilitas Pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman (Persepsi Kepala Sekolah dan Pengelola Barang). Skripsi. UNY.
Wahyuningrum, MM. (2000). Buku Ajar: Manajemen Fasilitas Pendidikan.Yogyakarta: AP FIP UNY.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.