Evaluasi Program Peminatan Life Skills di SMP N 3 Depok

Authors

  • Yuni Ratri Wisesa
  • Ragiladi Saputra Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mirza Asfa Nur Arifah
  • Marliana Khofifah
  • Aulia Nisa

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.68762

Abstract

Program life skills bermanfaat untuk melatih keterampilan peserta didik yang dapat digunakan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program peminatan life skills di SMPN 3 Depok. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMPN 3 Depok. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Evaluasi program ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari data yang didapat dari wawancara, kemudian didapatkan kesimpulan yang akan digunakan penulis untuk menentukan rekomendasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa walaupun dalam pelaksanaan program peminatan life skills ini tidak memiliki pedoman dalam pelaksanaannya, kegiatan berlangsung baik selama 3 tahun ini. Terdapat 4 program unggulan yang telah ditetapkan, yaitu bidang IT, Teknologi Tepat Guna, Kulinary dan Pameran Pagelaran. Program tersebut merupakan murni program yang dikembangkan sekolah melihat kebutuhan siswa di luar nilai akademik. Selain itu, program ini telah tersusun struktur pembina, jadwal kegiatan dan penetapan tujuan akhir. Dalam pelaksanaannya, semua komponen yang terlibat telah memberikan partisipasi penuh terhadap program baru yang dijalankan oleh sekolah. Para siswa berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan yang dipilihnya, sementara orang tua turut mendukung perkembangan soft skills dengan memberikan kebutuhan sarana yang dibutuhkan oleh anaknya. Di samping pencapaian tersebut, dikarenakan tidak adanya pedoman pelaksanaan program, siswa maupun pembimbing tidak memiliki kepastian akan capaian pembelajaran yang diraih baik standar kompetensi atau nilai secara tertulis. Keadaan ini menjadikan kehadiran siswa menjadi komponen penting dalam aspek penilaian. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu pembentukan pedoman pelaksanaan program

References

Arikunto, S. (2014). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. http://kbbi.web.id/didik, di akses 29 November 2023

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf pada 29 November 2023.

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif petrus. Pernik Jurnal PAUD, 1(1), 10–25.

Karimah, N. (2022). Perencanaan program sekolah SMP Askari Pallangga ditinjau dari Standar Pengelolaan Pendidikan. Pinisi Journal Of Education.

Kunandar. (2014). Guru profesional implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi program pendidikan pesantren mahasiswa model CIPP (Context,Input, Process, Product). GHAITSA:Islamic Education Journal, 2(1), 75. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.848

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1): 1-16.

Miles, Huberman, & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook. SAGE.

Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana. Tafhim Al-'Ilmi, 2, 265–275.

Permendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor.62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah(salinan asli berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 nomor 958), (Jakarta, 2014)

Somantri, M. (2014). Perencanaan pendidikan. Bandung: PT Penerbit IPB Press.

Sukardi. (2011). Evaluasi pendidikan prinsip & operasionalnya. Bumi Aksara.

Susanti, D., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. (2021). Program holistik intgratif model CIPP di TK se Kecamatan Lareh Sago Halaban. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2631-2638. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1138

Wibowo, A. (2013). Pendidikan karakter di perguruan tinggi membangun karakter ideal mahasiswa di perguruan tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 56

Widoyoko, E. P. (2014). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Wisesa, Y. R., Saputra, R., Asfa Nur Arifah, M., Khofifah, M., & Nisa, A. (2024). Evaluasi Program Peminatan Life Skills di SMP N 3 Depok. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 6(1), 26–42. https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.68762

Issue

Section

Articles