Analisis SWOT: Strategi Peningkatan Mutu Program Studi Ilmu Sejarah FKIP Universitas Jambi
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.67748Keywords:
Peningkatan Mutu, Analisis SWOTAbstract
Penelitian ini berfokus pada evaluasi dan analisis yang komprehensif terhadap Program Studi Ilmu Sejarah di Universitas Jambi untuk memahami tantangan dan peluang yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Responden dalam penelitian ini mencakup tenaga pendidik, mahasiswa, dan pihak lain yang terlibat dalam pengembangan program studi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi di lokasi penelitian, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan matriks SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan program studi guna meningkatkan kualitas pendidikan dan daya tarik bagi calon mahasiswa. Adapun hasil analisis matriks SWOT penelitian ini adalah yang pertama adalah Strengths-Opportunities (S-O), memaksimalkan kerja sama dengan stakeholder terkait demi meningkatkan mutu dosen dan mahasiswa, memaksimalkan kegunaan fasilitas penunjang sepenuhnya untuk kebutuhan penelitian dan inovasi dosen dan mahasiswa, selanjutnya memperbanyak kegiatan workshop, seminar dan kegiatan lainnya dalam sekala nasional, dan internasional, tata kelola administrasi yang akun tabel dan transparan, penyesuaian kurikulum dan peningkatan dalam hal pendanaan. Kedua strategi Strength-Threat (S-T) membangun kerja sama untuk lulusan program studi, memaksimalkan penggunaan fasilitas, dan menyadarkan Masyarakat akan pentingnya belajar Sejarah. Yang ke tiga adalah Weakness-Opportunities (W-O), perbaikan pada sistem penghargaan dan hukuman, meningkatkan kerja sama, membuka peluang kepada semua mahasiswa dan dosen untuk terlibat pada kegiatan pengembangan akademik dan profesi, memaksimalkan kegunaan fasilitas untuk keperluan program studi, dan peningkatan sarana prasarana. Ke-empat Weakness-Threats (W-T), membuka jalan kemudahan untuk karier mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen, pelatihan penulisan Sejarah dan memahami aksara melayu kuno. kerja sama dengan BPCB, Perpustakaan dan Arsip, dan mengadakan kegiatan pameran Sejarah. Serta mendorong mahasiswa dan dosen untuk mengikuti kompetisi-kompetisi tentang sejarah.
References
Ary, M., & Sanjaya, R. (2022, April). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Program Studi Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Ars University. Jurnal Tekno Insentif, 14(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.36787/jti.v14i1.198
Effendi, S. (2003). Pengelolaan Perguruan Tinggi Menghadapi Tantangan Global. Tekno Insentif dalam Seminar Nasional Majelis Rektor Indonesia, 1-12.
Kholis, N. (2014). Manajemen Strategi Pendidikan (Formulasi, Implementasi, dan Pengawasan. Surabaya: UIN SA Press.
Laksmi, D., & Sutisna, M. R. (2019). Designing Project-Based Learning To Develop Students' Creativity In The Fourth Industrial Revolution. Advances in Social Science, Education and Humanities Research,, 119-125. doi:10.2991/upiupsi-18.2019.21
Moeleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munir, M. (2022). Strategi Membangun Brand Image Lembaga Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 22-41.
Novita, D. (2018). Strategi Pengembangan Program Studi dalam Meningkatkan Perolehan Jumlah Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Manajemen Kinerja, 4(1), 30-45.
Rahmawati, L., Badri, R. E., & Ariza. M. (2022). Analisis SWOT dan Identifikasi Faktor-Faktor yang Membuat Siswa Tertarik Mendaftar Ke Program Studi Bisnis Digital. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 8(2), 282-291. Retrieved from http://jseh.unram.ac.id
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tondang, A. (2020). Delapan Tahun Menanti, FIB Unja Malah Diintegrasi ke FKIP, Mahasiswa dan Alumni Menabur Bunga Duka. Jambi: Tribun Jambi.com. Retrieved from https://jambi.tribunnews.com/2020/06/25/delapan-tahun-menanti-fib-unja-malah-diintegrasi-ke-fkip-mahasiswa-dan-alumni-menabur-bunga-duka?page=2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.