Meta Analisis: Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.67285Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis penelitian yang terkait dengan pengaruh sarana dan prasarana serta untuk menganalisis sejauh mana pengaruh sarana dan prasarana memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis (Glass, 1981). Data diperoleh dari artikel-artikel yang dipublikasikan dalam kurun waktu 10 tahun (2013-2023) yang dihimpun dari Google Scholar atau Google Cendekia dengan menggunakan kata kunci "sarana prasarana," "hasil belajar," dan "prestasi siswa." Selama proses analisis, dihitung besarnya effect size untuk mengukur seberapa besar pengaruh antar variabel-variabel tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh sarana dan prasarana sangat signifikan, terutama pada tingkat SMA/SMK dan SD, yang tercermin dari kategori effect size yang tinggi (1,67) dan sangat tinggi (1,27). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Jenis penelitian mengenai pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa mencakup metode kuantitatif, kuantitatif-korelasi/asosiatif, kuantitatif-explanatory survey method, dan kuantitatif-kausal komparatif. (2) Effect size dari pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar menunjukkan pengaruh yang signifikan dan besar.Downloads
Published
2024-04-30
How to Cite
Tuanany, N. J., & Triwiyanto, T. (2024). Meta Analisis: Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.67285
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.