Meta Analisis: Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.67285

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis penelitian yang terkait dengan pengaruh sarana dan prasarana serta untuk menganalisis sejauh mana pengaruh sarana dan prasarana memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis (Glass, 1981). Data diperoleh dari artikel-artikel yang dipublikasikan dalam kurun waktu 10 tahun (2013-2023) yang dihimpun dari Google Scholar atau Google Cendekia dengan menggunakan kata kunci "sarana prasarana," "hasil belajar," dan "prestasi siswa." Selama proses analisis, dihitung besarnya effect size untuk mengukur seberapa besar pengaruh antar variabel-variabel tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh sarana dan prasarana sangat signifikan, terutama pada tingkat SMA/SMK dan SD, yang tercermin dari kategori effect size yang tinggi (1,67) dan sangat tinggi (1,27). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Jenis penelitian mengenai pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa mencakup metode kuantitatif, kuantitatif-korelasi/asosiatif, kuantitatif-explanatory survey method, dan kuantitatif-kausal komparatif. (2) Effect size dari pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar menunjukkan pengaruh yang signifikan dan besar.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Tuanany, N. J., & Triwiyanto, T. (2024). Meta Analisis: Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.21831/jump.v6i1.67285

Issue

Section

Articles