PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI
DOI:
https://doi.org/10.21831/informasi.v2i2.6199Abstract
Dewasa ini seolah-olah bangsa Indonesia kehilangan pedoman moral sebagai acuan sikap dan perilaku yang luhur untuk hidup bermasyarakat dan bernegara. Kasus-kasus tindak pidana korupsi di kalangan pejabat formal, dan penganiayaan keji di kalangan rakyat yang belum dikenal, merupakan sebagian indikator terjadinya kemerosotan moral atau akhlak bangsa Indonesia. Untuk itu diperlukan upaya oleh segenap pihak, terutama bidang pendidikan untuk menyemai kembali bibit-bibit akhlak mulia sejak anak duduk di Taman Kanak-kanak sampai ke perguruan tinggi. Disamping itu perlu dipertegas kembali Pancasila sebagai acuan moral bangsa Indonesia yang terbebas dari berbagai kepentingan.
Tulisan ini merupakan hasil kajian deduktif terhadap literatur dan hasil-hasil penelitian tentang Pendidikan Karakter di sekolah. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) Karakter bangsa Indonesia adalah sikap dan perilaku yang mengacu kepada Pancasila sebagai idiologi bangsa. 2) Pancasila tidak boleh dilupakan, dan harus tetap dijadikan landasan moral (budi pekerti luhur) bangsa Indonesia. 3) Pendidikan karakter belum tersurat dalam standar isi pendidikan, oleh karena itu pelaksanaannya harus diintegrasikan`ke dalam semua mata pelajaran, sehingga semua guru harus terlibat dan bertanggungjawab terhadap proses dan hasil pendidikan karakter; 4) Geografi merupakan mata pelajaran di tingkat SMA/MA yang sangat tepat sebagai wadah integrasi pendidikan karakter, karena hakikat Geografi merupakan studi tentang alam, manusia dan hubungan timbal-balik antara keduanya. 5) Pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam pembelajaran Geografi dapat menggunakan berbagai strategi, antara lain Value Clarification Tachnique (VCT), karena proses klarifikasi terhadap nilai-nilai terutama yang berkaitan dengan current events akhir-akhir ini.
Kata kunci: Pendidikan karakter, Pancasila, integrasi, VCT, current evens
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).