Transformasi Kebudayaan Islam di Kotagede, Yogyakarta

Nasiwan nasiwan

Abstract


“ Dan

Kotagede

Masih Tetap “Sedakep”

Sambil Tersenyum Sejuta Makna

Ketika Budaya Serba Boleh

Terus Mengguyur, Mengelupaskan, Merontokkan,

Dan Menghayutkan Lumut-Lumut Tradisi Islami

Yang  Semakin Tak Kuasa  Menempel..”[1]

 

Kutipan Iklan layanan masyarakat yang mirip puisi ini, mengisaratkan adanya sesuatu yang telah dan sedang berubah pada masyarakat Kotagede. Menghadapi perubahan tersebut ada sebahagian elemen masyarakat yang merasa gelisah, mempertanyakan mengapa perubahan yang terjadi malah mengelupaskan tradisi-budaya yang Islami, yang sudah ada sebelumnya. Kebudayaan  yang Islami nampakanya harus berkompetisi dengan budaya baru yang   disebut dengan budaya serba boleh (permisif).

Pembahasan  berikut ini akan mencoba mencermati dialektika antara berbagai subklutur budaya yang ada dan berkembang di Kotagede. Pada uraian berikut ini akan dikemukakan suatu analisis dari suatu study kasus di Kotagede. Study kasus ini diperlukan untuk dapat melihat bagaimana perubahan yang terjadi pada tingkat yang lebih kecil, yakni pada  level unit analisisnya komunitas tingkat Kecamatan. Pemilihan lokasi Kotagede mengingat telah ada study yang dilakukan oleh Mitsuo Nakamura, dalam konteks kepentingan penelitian ini yaitu proposisi Nakamura tentang  transformasi kebudayaan yang lebih berssifat indeogonis. Transformasi kebudayaan yang berpijak pada prinsip-prinsip  nilai yang berasal dari dalam diri masyarakat itu  sendiri. Implikasi dari masyarakat yang melakukan transformasi budaya dengan model indeogonis, adalah memungkinkan tumbuh menjadi suatu masyarakat yang memiliki kemandirian, mampu menjaga jarak dari kooptasi pihak pemerintah baik kooptasi politik, ekonomi, juga budaya.


[1] Iklan Layanan Masyarakat dipersembahkan oleh Panitia Penerbitan Brosur Lebaran AMM Kotagede, No.39/1421 H :111.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/informasi.v2i2.4450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Nasiwan nasiwan

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

           

 

 Creative Commons License

Informasi by http://journal.uny.ac.id/index.php/informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


View My Stats