Kawasan Danau Tektovulkanik Ranau sebagai Sumber Belajar Geografi pada Pembelajaran Berdiferensiasi di SMA dalam Mendukung Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.21831/gm.v21i2.60372Keywords:
Danau Ranau, Sumber Belajar, Pembelajaran BerdeferensiasiAbstract
Kurikulum merdeka identitik dengan pembelajaran yang berdiferensiasi. Dalam rangka menciptakan pembelajaran Geografi sesuai kurikulum merdeka, diperlukan penyediaan sumber belajar dan perangkat ajar yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Danau Ranau dengan segala kompleksitas fisiknya, berpotensi untuk dijadikan sumber belajar pada pembelajaran Geografi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi potensi kawasan Danau Ranau sebagai sumber belajar Geografi dalam menciptakan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dari observasi lapangan dan data sekunder dari literatur ilmiah. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk menggambarkan potensi kawasan Danau Ranau sebagai sumber belajar Geografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawasan Danau Ranau memiliki kajian dari segi fisik, social, maupun interaksi antar keduanya yang dapat dijadikan sebagai objek kajian Geografi. Kompleksnya objek kajian di kawasan Danau Ranau memberikan peluang guru untuk memodifikasi materi dalam rangka menciptakan pembelajaran berdiferensiasi.References
Anugerah, N. (2016). Danau-Danau Alami Nusantara. LIPI Press.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1), 95–101.
Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8 (02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Ashari, A. dan Purwantara, S. (2022). Bentanglahan Vulkanik Indonesia, Aspek Fisikal dan Kultural. Yogyakarta: UNY Press.
Ashari., A., Saputro, E.P.N., & Jamaludin, S. (2022). Challenges and Obstacles of Teaching Geography during the First Wave of COVID-19 Outbreaks: Lessons Learned from Several Provinces in Indonesia. The Geography Teacher, 19 (3): 123-129.
Ayu Lestari, P., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021). Pengembangan Objek Wisata Alam Danau Ranau Di Perbatasan Kabupaten Lampung Dan Ogan Komering Ulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 02 (01), 1.
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12 (2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Evendy, R., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3 (2), 271–277.
Fahmi, M. R., Putra, A. K., & Handoyo, B. (2022). Development of Web-Based Virtual Reality as Media Learning for Baluran Conservation Area with Geographical Characteristics. 2nd International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2022), 332–346.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6 (2), 2846–2853.
Fitriana, E. (2021). Pendidikan Siaga Bencana: Pendekatan Dalam Pembelajaran Geografi. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 08 (1), 18.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12 (3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Herlan, H., & Wulandari, T. N. M. (2021). Dinamika Polulasi Ikan Sebaru (Hampala macrolepidota) Di Danau Ranau, Provinsi Sumatera selatan dan Lampung. Journal of Global Sustainable Agriculture, 1 (1), 35. https://doi.org/10.32502/jgsa.v1i1.3102
Hestirianoto, T., & Pujiyati, S. (2015). Sebaran Spasial Volume Backscattering Strength Ikan Pelagis Di Danau Ranau , Sumatera Selatan Backscattering Strength in Ranau Lake , South of Sumatera (Spatial Distribution of Pelagic Fish Volume. Teknologi Perikanan Dan Kelautan, 6 (1), 11–20.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Iskandar, Budianto, & Amirudin. (2016). Pengembangan Buku Teks Geografi Dengan Struktur Penulisan Ensiklopedia. Jurnal Pendidikan, 1 (2) (2011), 137–143.
Kemendikbudristek. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).
Kementerian ESDM. (2010). Peta Geologi Lembar Baturaja. Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral. https://doi.org/https://geologi.esdm.go.id/geomap/pages/preview/peta-geologi-lembar-baturaja-sumatera
Lukman. (2018). Catalog of Sumatran Big Lakes. LIPI Press.
Lukman, L., Syawal, M. S., & Maghfiroh, M. (2020). Sumatran major lakes: Limnological overviews. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 535 (1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/535/1/012064
M.M.Ibrahim, R.Pranata, B.S.Nababan, N.Herian, A.Maharani, A.S.J.Situmorang, D.Puspita, K.P.Landia, & M. S. Harfiandr. (2022). Karakteristik Manifestasi Dan Rekomendasi Pemanfaatan Potensi Panas Bumi Pada Daerah Danau Ranau, Ogan Komering Ulu (Oku) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Seminar Nasional AVoER XIV.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1 (1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22 (1), 65. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220105
Nofrion, N. (2018). Karakteristik pembelajaran geografi abad 21. INA-Rxiv. DOI: Https://Doi. Org/10.31227/Osf. Io/Kwzjv.
Pranata, W., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2021). Buku Suplemen Geografi Berstruktur A-CAR dengan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6 (2), 185. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14441
Prasetya, D., & Ansar, Z. (2017). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Community Based Tourism Pada Kawasan Danau Ranau Lumbok Seminung Lampung Barat. Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 6 (1), 60–72. https://doi.org/10.24252/planomadani.6.1.6
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi ( Differentiated Instruction ). Kemendikbudristek.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20 (1), 75–94.
Purwantara, S., Ashari, A., Nurhadi, N., Sariyono, K. E., Syarafina, A. Z., & Afriyani, R. (2023). Teaching the Fundamentals of Geography to Generation-Z Students with Collaborative Learning in Indonesia. The Geography Teacher, 20 (1), 29–34.
Putra, A. K., Pramesti, W., & Handoyo, B. (2023). Video Blogging Technology: Pengembangan Media Pembelajaran Urban Farming dengan Contextual Approach. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 9 (2), 82–99.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.
Samuel, S. N., Aida, S., Makmur, & Subagdja. (2010). Perikanan dan Kualitas Lingkungan Perairan Danau Ranau dalam Upaya Pelesterian dan Mendukung Produksi Hasil Tangkap Nelayan (B. R. P. P. Umum (ed.); Laporan Ak). Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan.
Setyahadi, A., Eko, P., A, R., & A, A. (2012). Danau-danau Penanda Jejak Tektonikvulkanik. Kompas.Com.
Soehaimi, A., Muslim, D., Kamawan, I., & Negara, R. S. (2015). Microzonation of the Liwa city on the great sumatera active fault and giant ranau volcanic complex in south sumatera, Indonesia. Engineering Geology for Society and Territory-Volume 5: Urban Geology, Sustainable Planning and Landscape Exploitation, 1015–1019.
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7 (2), 66–75.
Sung, H.-Y., Hwang, G.-J., Chen, C.-Y., & Liu, W.-X. (2022). A contextual learning model for developing interactive e-books to improve students' performances of learning the Analects of Confucius. Interactive Learning Environments, 30 (3), 470–483.
Syofniati, S. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Geografi (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas Xi Ips 4 Sma Negeri 4 Pekanbaru). JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 6 (1), 12–20. https://doi.org/10.20527/jpg.v6i1.6996
Wulandari, T. N. M., Herlan, H., Wibowo, A., & Sawetri, S. (2019). Identifikasi Jenis Dan Hubungan Kelimpahan Larva Ikan Dengan Kualitas Air Di Danau Ranau, Sumatera Selatan. BAWAL Widya Riset Perikanan Tangkap, 11 (1), 33. https://doi.org/10.15578/bawal.11.1.2019.33-44
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.