TRANSFORMASI NOMINALISASI BENTUK VERBAL BAHASA INDONESIA DALAM PENGAJARAN BAHASA
Downloads
Transformasi nominalisasi bentuk verbal bahasa Indonesia merupakan salah satu masalah yang perlu dipahami oleh pemakai bahasa pada umumnya dan guru atau calon guru bahasa Indonesia pada khususnya. Pada umumnya pembicaraan masalah tersebut masih sangat elementer sehingga tidak mustahil jika sering terjadi kekacauan pemisahan antara transformasi nominalisasi dengan transformasi penyisipan (embedding). Oleh sebab itu, hal tersebut perlu dikemukakan dalam tulisan ini secara lebih mendalam dengan landasan teori Tata Bahasa Generatif Transformasi agar pemakai bahasa, guru dan calon guru bahasa Indonesia memiliki gambaran yang jelas akan masalah tersebut. Secara garis besar, transformasi nominalisasi bentuk verbal bahasa Indonesia dapat dikelompokkan menjadi empat tipe: (1) transformasi nominaiisasi bentuk verbal dengan penambahan afiks penominal, misalnya peN-, pe-, per-an, pen-an, ke-an dan lain sebagainya pada bentuk verbal; (2) transformasi nominalisasi bentuk verbal dengan perubahan struktur yaitu dengan mengubah posisi bentuk verbal dari posisi tengah (pada kalimat dasarnya) ke posisi awal (pada bentuk pentransformasiannya); (3) transformasi nominalisasi bentuk verbal dengan penambahan kata tugas tertentu. Dalam hal ini kata tugas yang dipergunakan berperan sebagai tumpuan atau preposisi; (4) transformasi nominalisasi bentuk verbal dengan penambahan atau perubahan kata ganti yang sebelumnya sebagai pelaku (pada bentuk dasarnya) menjadi kata ganti milik yang berperan sebagai penunjuk milik atau hanya sebagai penentu (determinator) pada bentuk pentransformasiannya. Semua penanda nominal pada transformasi nominalisasi tersebut bersifat wajib dan pada umumnya semua bentuk transformasi nominalisasi bentuk verbal ini disertai perubahan struktur posisi unsur-unsurnya. Di samping itu, khusus untuk transformasi nominalisasi bentuk verbal dengan penambahan kata tugas pada umumnya melalui transformasi antara.
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.