Penguasaan kompetensi profesional guru oleh mahasiswa peserta praktik pengalaman pembelajaran

Authors

  • Oksiana Jatiningsih Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Maya Mustika Kartika Sari Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Maizul Habibah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Rr Nanik Setyowati Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Turhan Yani Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Satmoko Adi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17291

Keywords:

kompetensi profesional, PPKn, guru PPKn, professional competencies, UNESA,

Abstract

Artikel ini bermaksud untuk mendeskripsikan bagaimanakah penguasaan kompetensi profesional guru PPKn dan faktor apa yang mempengaruhinya. Penelitian yang dilaksanakan di Prodi PPKn FISH UNESA ini mengambil sampel 86 mahasiswa yang telah menyelesaikan Praktik Pengalaman Pembelajaran (PPP). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan angket yang dikembangkan peneliti. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa mereka memiliki kompetensi profesional guru yang cukup baik. Temuan ini konsisten dengan gambaran tentang sikap, minat, dan motivasinya serta pengalaman belajar yang juga berada pada kategori cukup. Kompetensi ini masih perlu diperbaiki, salah satunya dengan mengoptimalkan proses belajarnya.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

This essay to describe the level of comprehension of professional competency among PPKn teachers and its factors influencing these competencies. The research was conducted at Study Program of PPKn, FIHS UNESA with 86 selected students being taking course). Data was collected through questionnaire, and test developed by the researcher. The result reveals that they have an adequate professional competency. This result is consistent with the levels of attitude, interest, motivation, and learning experience. This level should be up-graded, one of them through learning process.  

References

Ali, H. M. (2000). Guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Christine, M. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

De Groot, I. (2011). Why we are not democratic yet: The complexity of developing a democratic attitude. In W. Veugelers (Ed.), Education and humanism: Linking autonomy and humanity (pp. 79–94). Roterdam, Boston, Taipe: Springer Science & Business Media.

Desimone, L. M., Porter, A. C., Garet, M. S., Yoon, K. S., & Birman, B. F. (2002). Effects of professional development on teachers' instruction: Results from a three-year longitudinal study. Educational Evaluation and Policy Analysis, 24(2), 81–112.

Djamarah. (1994). Pengertian kompetensi dan profesi keguruan. Gorontalo: Ideal Publishing.

Egeberg, H., McConney, A., & Price, A. (2016). Classroom management and national professional standards for teachers: A review of the literature on theory and practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(7), 1–18. https://doi.org/10.14221/ajte.2016v41n7.1

Franke, M. L., Carpenter, T. P., Levi, L., & Fennema, E. (2001). Capturing teachers' generative change: a follow-up study of professional development in Mathematics. American Educational Research Journal, 38(3), 653–689.

Hamalik, O. (2009). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kedzior, M. (2004). Teacher professional development. University of Delaware Education Research & Development Center, 4552.

Mulyana, E. H. (2010). Guru berkualitas: Profesional dan cerdas emosi. Jurnal Saung Guru, 1(2), 1–11.

Rodolfa, E., Eisman, E., Rehm, L., Bent, R., Nelson, P., & Ritchie, P. (2005). A cube model for competency development: Implications for psychology educators and regulators. Professional Psychology: Research and Practice, 36(4), 347–354. https://doi.org/10.1037/0735-7028.36.4.347

Rohmawati, R., Triyanto, & Muchtarom, M. (2016). Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun kecerdasan berdemokrasi warga negara. PKn Progresif, 11(1), 298–311.

Samad, D. (2013). Guru: ideologi dan profesi. Al-Ta'Lim, 20(2), 357–362. https://doi.org/10.15548/jt.v20i2.32

Suyato, Murdiono, M., Mulyono, B., & Arpannudin, I. (2016). Upaya pembentukan warga negara yang baik dan tantangan yang dihadapi oleh para guru PKn peserta SM3T 2015. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 137–150. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12737

Winarno. (2013). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Isi, strategi dan penilaian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winataputra, U. S. (2014). Diskursus aktual tentang paradigma pendidikan kewarganegaraan dalam konteks kurikulum 2013. In Seminar Nasional AP3KNI (pp. 1–12). Surakarta: AP3KNI dan Universitas Negeri Sebelas Maret.

Published

2018-05-31

How to Cite

Jatiningsih, O., Sari, M. M. K., Habibah, S. M., Setyowati, R. N., Yani, M. T., & Adi, A. S. (2018). Penguasaan kompetensi profesional guru oleh mahasiswa peserta praktik pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 37–44. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17291

Issue

Section

Article