Analisis Kontribusi Pemberian Beasiswa terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/jptk.v20i1.7759Keywords:
beasiswa, peningkatan prestasi, akademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sejauhmana pemberian beasiswa kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, dan (2) mengetahui kontribusi pemberian beasiswa terhadap peningkatan prestasi akademiknya. Populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2006 s.d 2009 penerima beasiswa dari berbagai sumber. Penetapan sampel dilakukan secara acak dengan teknik proportional random sampling. Sampel ditentukan sesuai dengan tabel Krejcie sejumlah 230 mahasiswa. Pengumpulan data dengan cara dokumentasi (mengetahui jumlah penerima beasiswa tiap angkatan, program studi serta sumber beasiswa) dan observasi (mengamati profil penerima beasiswa). Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian beasiswa secara umum belum dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Jumlah kenaikan indeks prestasi penerima beasiswa hanya 59%. Penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) belum mampu meningkatkan prestasinyai ditunjukkan dengan jumlah kenaikan indeks prestasi hanya 58%. Mahasiswa angkatan tahun 2007 mempunyai peningkatan prestasi terbaik sebesar lebih dari 71%. Kontribusi pemberian beasiswa belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini dapat diketahui dari penggunaan beasiswa yang tidak dipakai untuk keperluan akademik. Pemanfaatan beasiswa oleh mahasiswa masih pada kepentingan ekonomi, yakni membayar SPP dan biaya hidup.Downloads
Published
2011-05-01
How to Cite
Utomo, P. (2011). Analisis Kontribusi Pemberian Beasiswa terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(1), 67–87. https://doi.org/10.21831/jptk.v20i1.7759
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan is licensed under a Creative Commons Atribution 4.0 Internasional License.