Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media video compact disc pada anak usia 5– 6 tahun
Sujarwo Sujarwo, Department of Nonformal Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui media VCD di TK Kudup Sari Sidoluhur, Godean, Sleman. Kemampuan membaca pada anak terlihat dalam kemampuan menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan, menghubungkan gambar dengan kata, membaca gambar yang memiliki kata sederhana dan membaca nama sendiri.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kudup Sari yang berjumlah 26 anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, VCD, anak usia 5-6 tahun.
Improvement of Early Reading Competence Using Video Compact Disc Media on 5-6 Year-Old
Abstract
This research aims to improve early reading competence using VCD media on the pupils of TK Kudup Sari Sidoluhur, Godean, Sleman. The pupil reading competence can be shown by mentioning symbols of vocal and consonant letters, connecting pictures and words, reading pictures that have simple words and reading their own names.This is a collaborative classroom action research applying a model of Kemmis and Mc Taggart. It consists of two phases and each phase contains three meetings. Data were taken by observation and documentation. The subjects of the research are 26 pupils as the Group B of TK Kudup Sari. Analysing data was done using qualitative description.
Keywords: early reading competence, VCD, 5-6-year-old pupils.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aizid, R. (2011). Bisa baca secepat kilat (Super Quick Reading), cara praktis bisa membaca cepat plus metode-metode dan tips - tipsnya. Yogyakarta: Buku Biru
Arikunto,Suharsimi.(2013).Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Departemen Pendidikan Nasional, (2010). Pedoman pengembangan program pembelajaran di taman kanak kanak. Jakarta
Fadlillah, M, Khorida, L.M. (2014). Pendidikan karakter anak usia dini, konsep & aAplikasi dalam PAUD. Yogyakarta: AR-RUZZ Media
Hurlock, E. (1978). Perkembangan anak jilid 1. Jakarta: Erlangga
Ismawati, E., Umaya, F. (20120. Belajar bahasa di kelas awal. Yogyakarta: Ombak
Kumara, A. (2014). Kesulitan berbahasa pada anak. Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.
Nurgiyanto, B. (2010). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Penny,U,. (2012). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga
Santrock, J. W. (2013). Perkembangan anak Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Sardiman. (2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suhartono. (2005). Perkembangan bicara anak usia dini, Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Perguruan Tinggi.
Sujiono, N. Y. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. PT Ideks, Jakarta
Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suyanto, S. (2005). Dasar dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat.
Wiyani,N.A, Barnawi. (2014). Format PAUD: Konsep, karakteristik & implementasi pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yoni, A. (2012). Menyusun penelitian tindakan kelas.Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media.
DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.