Peningkatan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus melalui strategi pembelajaran station rotation berbasis tiered task (studi eksperimen di sekolah inklusif Sumatera Barat)

Marlina Marlina, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Grahita Kusumastuti, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Nur Aufa Makmur, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Ihsa Nabila, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract


Pencanangan pemerintah tentang pemerataan pendidikan yang bermutu dibuktikan dengan penyelenggaraan pendidikan inklusi yang sejalan dengan falsafah pendidikan untuk semua. Salah satu strategi pembelajaran yang mengakomodir perbedaan kebutuhan belajar siswa adalah pembelajaran diferensiasi, menggunakan strategi Station Rotation (SR) dengan Tiered Task (TT). Masalahnya, belum semua sekolah inklusif menerapkan strategi ini dalam pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penerapan strategi pembelajaran SR dengan TT terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan Desain Eksperimen One-Group Pretest-Posttest, dengan jumlah guru peserta sebanyak 17 orang di empat sekolah inklusi di Sumatera Barat yang meliputi guru mata pelajaran dan kelas, 8 observer, dan 85 siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis berkebutuhan khusus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan skor sebelum dan sesudah diterapkan strategi pembelajaran SR. Uji Peringkat Tanda Wilcoxon menunjukkan bahwa strategi pembelajaran rotasi stasiun berbasis tugas berjenjang selama perawatan menghasilkan kondisi yang signifikan secara statistik untuk keterampilan sosial yang ada (Z = -2,512, p = 0,012). Peningkatan ini terjadi karena SR dan TT menekankan pada fleksibilitas siswa berkebutuhan khusus dalam memilih kelompok belajar, evaluasi pembelajaran berdasarkan kemampuan SSN, serta dapat meningkatkan hubungan positif dan menghilangkan hambatan yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus.

Keywords


pembelajaran berdiferensiasi; keterampilan sosial; siswa berkebutuhan khusus; sekolah inklusif

Full Text:

PDF

References


De Boer, A., Pijl, S. J., & Minnaert, A. (2011). Regular primary schoolteachers’ attitudes towards inclusive education: A review of the literature. International journal of inclusive education, 15(3), 331–353.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. Mc Graw Hill.

Fulbeck, E., Seidel, D., Atchison, D., & Giffin, J. (2020). Personalizing Student Learning With Station Rotation | Practitioner Brief What is station rotation ? In Personalizing Student Learning With Station Rotation: Practitioner Brief. American Institutes for Research.

Gardner, H. (1991). Intelligence reframed: Multiple intelligences for the 21st century. Basic Books. https://doi.org/10.1080/15332276.2001.11672976

Leijen, Ä., Arcidiacono, F., & Baucal, A. (2021). The Dilemma of Inclusive Education: Inclusion for Some or Inclusion for All. Frontiers in Psychology, 12(633066), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.633066

Marlina, M. (2014). Keterampilan Sosial Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif. Penelitian Pendidikan, 5(1).

Marlina, M. (2015). Peer Mediated Intervention for Improving Social Skills of Children with Learning Disabilities in Inclusive Elementary School. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(4), 368–382.

Marlina, M. (2017). Teacher’s Attitude and Peer Acceptance to Children with Special Needs in Inclusive Primary Schools.

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.

Marlina, M. (2021a). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. PT RajaGrafindo Persada.

Marlina, M. (2021b). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Afifa Utama.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif.

Nanou, A. (2013). The diversification of teaching in the service of inclusive education. In Nanou A., M. Patsidou, A. Garanis & Aik. Harifolitos (Eds.). From special education to inclusive education. From a school into society for all. Grapheme.

Paloniemi, A., Pulkkinen, J., Kärnä, E., & Björn, P. M. (2021). The Work of Special Education Teachers in the Tiered Support System: The Finnish Case. Scandinavian Journal of Educational Research, 0(0), 1–16. https://doi.org/10.1080/00313831.2021.1983649

Rachmawati, M. A., Nu’man, T. M., Widiasmara, N., & Wibisono, S. (2016). Differentiated instruction for special needs in inclusive schools: A preliminary study. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 217, 585–593.

Sakellariou, M., Strati, P., & Anagnostopoulou, R. (2019). The role of social skills throughout inclusive education implementation. East African Scholars Journal of Education, Humanities and Literature, 2(10), 633–641. https://doi.org/10.36349/EASJEHL.2019.v02i10.22

Schumaker, J. B., Pederson, C. S., Hazel, J. S., & Meyen, E. L. (1983). Social skills curricula for mildly handicapped adoles- cents: A review. Focus on Exceptional Children, 16, 1–16.

Tomlinson, C A, & Allan, S. D. (2000). Leadership for Differentiating Schools and Classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Tomlinson, Carol A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. ASCD.

Tomlinson, Carol Ann. (1999). Differentiated Classroom Association for Supervision and Curriculum Development. http://www.ascd.org

Tomlinson, Carol Ann, Brimijoin, K., & Narvaez, L. (2008). The differentiated school : making revolutionary changes in teaching and learning (Nomor April).

Tomlinson, Carol Ann, & Imbeau, M. B. (2010). Leading and managing a differentiated instruction. In Association for Supervision and Curriculum Development.

Westwood, P. (2007). Commonsense methods for children with special educational needs. Routledge.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v18i1.45776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter