ANALISIS KEBUTUHAN MATERI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME BERKELANJUTAN GURU SMK TEKNIK AUDIO VIDEO

Authors

  • Sri Waluyanti FT UNY
  • Sunarto Sunarto FT UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5354

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kebutuhan materi pengembangan profesionalismeberkelanjutan guru SMK Teknik Audio Video pada semua jenjang jabatan fungsionalguru. Sampel penelitian 63 guru dari 13 SMK penyelenggara konsentrasi keahlian TeknikAudio Video di DIY dan 5 mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNY yang telahlulus mata kuliah KKN-PPL sebagai sampel calon guru lulusan perguruan tinggi. Sampeldiambil dengan stratiï¬ ed random sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan Rank-Order of Difference Scores.Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, secara keseluruhan terdapat perbedaan kebutuhanmateri pengembangan profesionalisme berkelanjutan guru ditinjau dari jabatan fungsionalguru. Kedua, ada empat kesamaan prioritas kebutuhan materi pengembangan profesionalismeberkelanjutan guru untuk semua jenjang jabatan guru, yaitu:  pemahaman karakteristik pesertadidik, penyelenggaraan pembelajaran mendidik, kemitraan, dan pembelajaran keterampilanabad ke-21.

Downloads

Published

2016-09-05

How to Cite

Waluyanti, S., & Sunarto, S. (2016). ANALISIS KEBUTUHAN MATERI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME BERKELANJUTAN GURU SMK TEKNIK AUDIO VIDEO. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2). https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5354

Issue

Section

Artikel