PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Abdul Qadir,

Abstract


Perkembangan perilaku dalam kaitannya dengan motivasi adalah pertama, perilaku muncul jika ada pihak kedua yang secara fisik disegani/ditakuti sehingga seseorang terdorong melakukan/tidak melakukan sesuatu perbuatan. Kedua, perilaku yang didasarkan akan kesadaran terhadap norma yang harus ditaati. Ketiga, perilaku yang didasarkan pada kesadaran tertinggi akan substansi dan hakikat suatu perilaku. Pemberian motivasi melalui nasihat dan perilaku/teladan dalam melaksanakan ibadah merupakan cara yang harus ditempuh guru. Karena itulah Guru Agama Islam harus mampu memberi rangsangan kepada anak secara umum, terutama pada anak usia sekolah dasar (SD) dalam proses pembelajaran untuk membantu perkembangan sikap dan perilaku anak didik.

Variasi metode pembelajaran diperlukan agar peserta didik lebih mudah menerima pembelajaran agama. Metode yang digunakan oleh guru antara lain: metode dialog (al-Hiwar), percakapan tanya-jawab, metode cerita (al-Qishah), memberi pengetahuan dan perasaan keagamaan kepada siswa, metode perumpamaan (al-Amtsal)-untuk mengungkapkan suatu sifat, hakikat, dan relaita melalui contoh dan perumpamaan, metode keteladanan (al-Uswah)- syarat mutlak yang harus melekat pada setiap guru. Metode lainnya adalah metode sugesti dan hukuman (al-Targhib wa al-Tarhib).

Sesuai dengan tahap perkembangan anak-anak, masa kanak-kanak akhir berlangsung kurang lebih 6-12 tahun yang dibagi menjadi 2 masa. Pada masa pertama, pendidik menyengaja agar anak didik meniru perbuatannya, misalnya disengaja membaca “basmallah” ketika memulai pelajaran, sambil menyuruh siswa untuk menirunya. Cara ini lazim dilakukan terhadap anak didik di TK dan di SD. Pada macam kedua, guru tidak sengaja melakukan perbuatan tertentu, akan tetapi seluruh pribadinya sesuai dengan norma-norma Islam yang dapat dijadikan teladan bagi anak didik.

Kata kunci: guru, motivator, pembelajaran, Agama Islam

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/informasi.v2i2.6390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Abdul Qadir

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

           

 

 Creative Commons License

Informasi by http://journal.uny.ac.id/index.php/informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


View My Stats