PUBLIC SERVICE ADS. OF RESERVING PEAT FORESTS
DOI:
https://doi.org/10.21831/informasi.v48i2.21835Keywords:
iklan layanan masyarakat, daya tarik iklan, hutan gambutAbstract
Social messages in Public Service Ads should be designed as appealing as possible because it affects the effectiveness of the advertisement. This study aims to investigate the attractiveness of public service advertisement of Preserving Peat Forests. The study uses a quantitative approach and data were collected through surveys involving respondents who work in Peat Restoration Agency in South Kalimantan. The measurement uses a semantic differential scale. The results show that informative/rational appeal of Public Service Ads Preserving Peat Forests is in the medium category, while the emotional appeal is rather low. Public Service Advertisement of Preserve Peat Forests which is presented through audio and visual elements is considered less able to attract audience's emotion.
DAYA TARIK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT LESTARIKAN HUTAN GAMBUT
Pesan-pesan sosial dalam Iklan Layanan Masyarakat sebaiknya dirancang semenarik mungkin karena daya tarik sebuah iklan berpengaruh terhadap efektifitas dari iklan yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap daya tarik Iklan Layanan Masyarakat Lestarikan Hutan Gambut yang tayang di beberapa stasiun televisi, salah satunya di Televisi Republik Indonesia Kalimantan Selatan (TVRI Kalsel). Selain tayang di stasiun televisi, iklan tersebut juga dapat diakses melalui channel Youtube Badan Restorasi Gambut – BRG dengan judul PSA Lestarikan Hutan Gambut yang ditayangkan sejak tanggal 7 Januari 2017. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui survei kepada responden dengan cakupan wilayah kerja Badan Restorasi Gambut di Kalimantan Selatan. Skala pengukuran menggunakan skala diferensial simantik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik informatif/rasional Iklan Layanan Masyarakat Lestarikan Hutan Gambut berada pada kategori sedang, sementara daya tarik emosional termasuk rendah. Iklan Layanan Masyarakat Lestarikan Hutan Gambut yang disajikan melalui sejumlah elemen audio dan visual kurang mampu menarik emosional khalayaknya.
References
Ardiansyah, L. et al. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan terhadap Efektivitas Iklan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23 (2), 75-84.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Belch, G.E., Belch, M.A. (2001). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspectives. New York: Irwin/Graw Hill.
Hadi, M.U. (1993). Tinjauan Aspek Visual Gambar Fotografi dan Gambar Tangan. Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni, BP ISI Yogyakarta. 3 (4).
Hakim, B. (2006). Lenturan tapi Relevan. Yogyakarta: Galangpress.
Hastuti, S. (2013). Efektifitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi. 2 (2), 67-72.
Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Maryani, D. et. al. (2016). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat untuk Orang Berusia 18-25 Tahun Agar Kritis dalam Menerima Informasi di Media Sosial. Jurnal DKV Adiwarna. 1 (8).
Morissan. (2014). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Mufarrih, Z. (2015). Periklanan Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Buku Litera.
Sudiantoro, A. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan Layanan Masyarakat Bank Indonesia Versi Ingat 3d dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Khalayak di Kota Semarang. Semarang: Universitas Dipenogoro.
Sufa, F., & Munas, B. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedap (Survei Pemirsa Iklan Mie Sedap Pada Mahasiswa Kost di Sekitar Kampus Undip, Tembalang). Diponegoro Journal Of Management, 1(4), 226-233.
Tinarbuko, S. (2003). Semiotika Analisis Tanda pada Karya Desain Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana, 5 (1), 31-47.
Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE Desain Komunikasi Visual – Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).