PEMAHAMAN LITERASI MEDIA DI LINGKUNGAN PENGURUS PIMPINAN WILAYAH AISYIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2015-2020
Choirul Fajri, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Dani Fadillah, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Abstract
As parents mothers play an important role in giving directions to targeted all relating to the event who deserves to consume by family. This study was conducted by adopting descriptive quantitative. Handing out the questionnaire to the Leader of ‘Aisyiyah DIY the period 2015-2020. The result of shows that there has been understanding of literacy media of ‘Aisyiyah DIY, the attitude shown to the son of/his daughter in preventing negative effects impressions television. But of the that good, do not affect significantly to the attitudes shown.
Sebagai orang tua Ibu memiliki peran penting dalam memberikan arahan kepada
putra-putrinya terkait dengan acara yang layak untuk dikonsumsi keluarga. Penelitian
ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan
membagikan kuesioner kepada Pengurus Pimpinan Wilayah Aisyiyah Yogyakarta
periode 2015-2020. Hasil dari menunjukkan adanya pemahaman dari literasi media
Pengurus PWA ‘Aisyiyah DIY, adanya sikap yang ditunjukkan kepada putra/putrinya
dalam mencegah dampak buruk tayangan televisi. Akan tetapi dari pemahaman yang
baik tersebut, tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap yang ditunjukkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cangara, Hafied. (2000). Pengantar Ilmu komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Effendy, Onong Uchjana. (2013). Komunikasi Teori & Praktek Dinamika Komunikasi. Bandung:Alumni.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Jalaluddin Rakhmat. (2002). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: RemadjaKarya
Rinawati, Rini. (2002) “Pengaruh SinetronTerhadap Sikap Ibu-Ibu MengenaiPeran Ganda Wanita”. MediatorJurnalKomunikasi, Volume 3. No. 1, hal.110.
Singarimbun, dan Effendin (2003). Metode Penelitian Survey. Cetakan Kedua, Penerbit PT. Pustaka LP3ES Indonesia, Jakarta
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Solomon, Michael, dkk. 2006. Consumer Behaviour-Third Edition. London:Prentice Hall
Tan, Alexis S. (1985). Mass CommunicationTheories and Research. Columbus Ohio: Grid Publishing, inc.
DOI: https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2.16574
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 mariana ulfah, Choirul Fajri, Dani Fadillah
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
Informasi by http://journal.uny.ac.id/index.php/informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.