ANALISIS EFEKTIVITAS “SISUMAKER” SEBAGAI MEDIA SURAT MENYURAT ELEKTRONIK
Agung Kuswantoro, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Wahyu Sufa Ramadhan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Abstrak: Analisis Efektivitas “SISUMAKER” Sebagai Media Surat Menyurat Elektronik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas SISUMAKER dengan menganalisis pengaruh lima variabel dalam updated D & M IS Success Model. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 35 pengguna SISUMAKER di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati. Data dianalisis menggunakan SEM-PLS dengan alat analisis SmartPLS 4.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem berpengaruh positif dan signifikan sebesar 15.3% terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 45.3% terhadap kepuasan pengguna, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 26.4% terhadap kepuasan pengguna, serta kepuasan pengguna berpengaruh positif dan signifikan sebesar 28.2% terhadap net benefits. Secara umum SISUMAKER sudah efektif dalam menunjang kegiatan surat menyurat elektronik di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati. Penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengembangan sistem informasi khususnya dalam bidang adminstrasi persuratan elektronik.
Kata kunci: Efektivitas; Media Surat Elektronik; SISUMAKER;
Abstract: Effectiveness Analysis of "SISUMAKER" as Electronic Mail Media.
This study aims to measure the effectiveness of SISUMAKER by analyzing the influence of five variables in the updated D & M IS Success Model. This type of research is quantitative. The sample for this study was 35 SISUMAKER users Imigrasi Kelas I Non TPI Pati Office. The data were analyzed by SEM-PLS with the SmartPLS 4.1 analysis tool. The results showed that system quality had a positive and significant effect of 15.3% on user satisfaction, information quality had a positive and significant effect of 45.3% on user satisfaction, service quality had a positive and significant effect of 26.4% on user satisfaction, and user satisfaction had a positive and significant effect of 28.2% on net benefits. In general, SISUMAKER has been effective in supporting electronic correspondence activities at the Pati Class I Non-TPI Immigration Office. This research can be taken into consideration in the development of information systems, especially in the field of electronic correspondence administration.
Keyword: Effectiveness; Electronic Mail Media; SISUMAKER;
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, W., and J. Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Adra, Ayang, and Iip Permana. 2023. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pelaksanaan Administrasi Di Kelurahan (Studi Kasus Di Kelurahan Kadipiro).” Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN) 11(01):1–12. doi: 10.31629/juan.v11i01.5807.
Amriani, Tenry Nur, and Azwar Iskandar. 2019. “Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Pada Satuan Kerja Di Lingkungan Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan (BPPK).” Kajian Ekonomi Dan Keuangan 3(1):54–74. doi: 10.31685/kek.v3i1.409.
Andani, Ulfa Dwi, Patni Ninghardjanti, and Susantiningrum Susantiningrum. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pelaksanaan Administrasi Di Kelurahan (Studi Kasus Di Kelurahan Kadipiro).” JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) 4(1):72. doi: 10.20961/jikap.v4i1.41445.
Asyifa, Nisrina Nur. 2021. “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (Siam) Universitas Brawijaya.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 9(2).
At-tamimi, R. Muhammad Rizqi, and Tety Elida Siregar. 2021. “Measurement of Successful Implementation of Institution Level Financial Application System (SAKTI) Web Full Module with DeLone and McLean Information System Success Model Approach.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) 4(4):10098–107. doi: https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.3032.
Delone, William, and Ephraim McLean. 2003. “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update.” Journal of Management Information Systems 19(4):9–30. doi: 10.1080/07421222.2003.11045748.
Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modelling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS) Dilengkapi Software SmartPLS 3.00 Xistat 2014 Dan WarpPLS 4.0. 4th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Hadi, Miftahul. 2022. “Faktor Yang Memengaruhi Keberhasilan Implementasi Aplikasi Sakti (Berdasarkan Perspektif Pengguna).” Jurnal Akuntansi Kompetif 5(3):390–97. doi: https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v5i3.1164.
Hair, Joseph F., Jeffrey J. Risher, Marko Sarstedt, and Christian M. Ringle. 2019. “When to Use and How to Report the Results of PLS-SEM.” European Business Review 31(1):2–24. doi: 10.1108/EBR-11-2018-0203.
Hajikhani, Arash, and Arho Suominen. 2022. “Mapping the Sustainable Development Goals (SDGs) in Science, Technology and Innovation: Application of Machine Learning in SDG-Oriented Artefact Detection.” Scientometrics 127(11):6661–93. doi: 10.1007/s11192-022-04358-x.
Haugeland, Isabel Kathleen Fornell, Asbjørn Følstad, Cameron Taylor, and Cato Alexander Bjørkli. 2022. “Understanding the User Experience of Customer Service Chatbots: An Experimental Study of Chatbot Interaction Design.” International Journal of Human-Computer Studies 161:102788. doi: 10.1016/j.ijhcs.2022.102788.
Isnaeningsih, Heni Nur, Azmi Fitriati, Pujiharto Pujiharto, and Herni Justiana Astuti. 2021. “The Influence Quality of Information, Sistem Quality and Service Quality on Satisfaction and User Performace.” Jurnal Manajemen Bisnis 12(2):Layouting. doi: 10.18196/mb.v12i2.11185.
Issa, Tomayess, and Pedro Isaias. 2022. “Usability and Human–Computer Interaction (HCI).” Pp. 23–40 in Sustainable Design. London: Springer London.
Karina, Mahda, and Dr. Binsar H Simanjuntak. 2022. “Efektivitas Penggunaan E-Bupot 23/26.” Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi 22(1):157–70. doi: 10.25105/mraai.v22i1.12627.
Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Keancana.
Kuswantoro, Agung, Ratu Bunga Maremitha Ungu, Wanda Dwi Rahmahwati, and Fentya Dyah Rahmawati. 2022. “Manajemen Surat Masuk Dan Surat Keluar Di Universitas Negeri Semarang Melalui Siradi (Sistem Informasi Surat Dinas).” Jurnal Pustaka Budaya 9(1):42–49. doi: 10.31849/pb.v9i1.7716.
Laato, Samuli, Miika Tiainen, A. K. M. Najmul Islam, and Matti Mäntymäki. 2022. “How to Explain AI Systems to End Users: A Systematic Literature Review and Research Agenda.” Internet Research 32(7):1–31. doi: 10.1108/INTR-08-2021-0600.
Mensah, Isaac Kofi. 2020. “Impact of Government Capacity and E-Government Performance on the Adoption of E-Government Services.” International Journal of Public Administration 43(4):303–11. doi: 10.1080/01900692.2019.1628059.
Mubiroh, Siti. 2019. “Analisis Implementasi E-Audit Untuk Pemeriksaan Keuangan Negara Studi Pada BPK RI Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta.” Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia 4(1):15. doi: 10.20473/baki.v4i1.11908.
Nguyen, Nhu-Ty. 2021. “A Study on Satisfaction of Users towards Learning Management System at International University – Vietnam National University HCMC.” Asia Pacific Management Review 26(4):186–96. doi: 10.1016/j.apmrv.2021.02.001.
Nofita, Desri Yet, and Jhon Veri. 2024. “Mengukur Keberhasilan Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Dengan Model Kesuksesan Delon and Mclean.” Jurnal Ekobistek 13(2):27–35. doi: 10.35134/ekobistek.v13i2.776.
Nugraha, B. A., A. R. Perdanakusuma, and A. Rachmadi. 2020. “Analisa Manajemen Risiko Pada Sistem Informasi Tata Naskah Dinas Elektronik Dengan Kerangka Kerja NIST 800-30 Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Timur.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 4(1):223–31.
Pambudi, K. H. 2018. “Analisis Dimensi Kesuksesan Implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (Sakti) Pada Satuan Kerja Wilayah Provinsi Jawa Timur Dengan Pendekatan Delone And McLean Information System Success Mode.” Journal Ilmiah Mahasiswa FEB 6(2).
Popkova, Elena G., Paola De Bernardi, Yuliya G. Tyurina, and Bruno S. Sergi. 2022. “A Theory of Digital Technology Advancement to Address the Grand Challenges of Sustainable Development.” Technology in Society 68:101831. doi: 10.1016/j.techsoc.2021.101831.
Raddatz, Nirmalee I., Kent Marett, and Brad S. Trinkle. 2020. “The Impact of Awareness of Being Monitored on Computer Usage Policy Compliance: An Agency View.” Journal of Information Systems 34(1):135–49. doi: 10.2308/isys-52246.
Robbins, Stephen P., Timothy Judge, and Timothy Campbell. 2017. Organizational Behaviour, 2nd UK Edition. Pearson.
Rusdiyanto, Wahyu, and Sri Suranti. 2021. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi.” Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi 18(1):15–28. doi: 10.21831/efisiensi.v18i1.37406.
Saeroji, Ahmad, Rizka Andriyati, and Muhsin Muhsin. 2021. “Analisis Efektivitas Aplikasi E-Arsip Sebagai Media Temu Kembali Informasi.” Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi 18(1):1–14. doi: 10.21831/efisiensi.v18i1.34895.
Saputro, Janu Ilham, Mulki Syahrian, Malik Al Makkah, Panji Adam Rustambi, and Haydar Muhammad Nadhif. 2024. “Manajemen Surat Masuk Dan Surat Keluar Di Universitas Negeri Semarang Melalui
Siradi (Sistem Informasi Surat Dinas).” (c):1–6. doi: doi.org/10.34306/adimas.v4i2 1076.
Sari, Laynita, Cut Dwi Gita Subakti, and Renil Septiano. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sisten Informasi Akutansi Pada Puskesmas Air Dingin Kota Padang.” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 3(4):396–404. doi: 10.31933/jemsi.v3i4.963.
Setiarini, Nani, and Afidatul Lathifah. 2019. “Pemahaman Sumber Daya Manusia (SDM) Keasipan Terhadap Peraturan Tata Kearsipan Di Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6(3):211–20.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahrani, Diah Rizki, and A. W. Lubis. 2023. “Peranan Keterampilan Pegawai Dalam Pengelolaan Surat Menyurat Terhadap Efektivitas Kinerja Pegawai Di Dinas Perindustrian Perdagangan Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Provinsi Sumatera Utara.” Jurnal Akuntan Publik 1(4):1–7. doi: https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i4.1483.
Tengku Darmansah, Ahmad Rifa’i, Indah Mayasari, Anti Annisa, and Aisyah Oktaviana. 2024. “Peran Teknologi Informasi Dalam Transformasi Persuratan Organisasi Di Era Digital Di MTS Insan Cita Medan.” MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis 2(3):68–78. doi: 10.59246/muqaddimah.v2i3.887.
Yassir, Muhammad, Gafur Jamada, and Sitti Suhada. 2023. “Pengembangan Sistem Informasi Tracer Doc Surat Masuk Dengan Framework Scrum.” Jambura Journal of Informatics 5(2):100–107. doi: 10.37905/jji.v5i2.21964.
DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v21i2.76336
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...