PKL SAAT PANDEMI COVID-19, APAKAH MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA?: SOFT SKILL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Ryas Zaharotunnisa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yudit Ayu Respati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: PKL saat Pandemi Covid-19, Apakah Mempengaruhi Kesiapan Kerja?: Soft Skill sebagai Variabel Mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa dengan soft skill sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto dan desain penelitian kausal komparatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Jurusan OTKP tahun ajaran 2021/2022 SMK Negeri 1 Purbalingga yang berjumlah 141 siswa. Jumlah sampel penelitian ditentukan menggunakan tabel Isaac dan Michael dan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan PKL terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 7,6%; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan PKL terhadap soft skill siswa sebesar 49,2%; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan soft skill terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 38,7%; 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan PKL melalui soft skill sebagai variabel mediasi terhadap kesiapan kerja siswa dengan pengaruh tidak langsung sebesar 0,66534 lebih besar dari pengaruh langsung sebesar 0,356.


Kata kunci: Praktik Kerja Lapangan (PKL); kesiapan kerja; soft skill


Abstract: PKL during the Covid-19 Pandemic, Does it Affect Work Readiness?: Soft Skills as a Mediating Variable. This study aims to determine the effect of field work practices on student work readiness with soft skills as a mediating variable. This research is quantitative with an ex post facto approach and a comparative causal research design. The research subjects were class XII students of the OTKP Department for the 2021/2022 academic year of SMK Negeri 1 Purbalingga, a total of 141 students. The number of research samples was determined using the Isaac and Michael tables and the Porportional Random Sampling technique. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique are simpe regression analysis, path analysis, and the sobel test. The results of this study indicate that: 1) there is a positive and significant effect of field work practices on student work readiness of 7,6%; there is a positive and significant effect of field work practices on student soft skill of 49,2%; 3) there is a positive and significant effect of soft skills on student work readiness of 38,7%; 4) there is a positive and significant effect of field work practices through soft skills as a mediating variable on student work readiness with an indirect effect of 0,,66534 greater than a direct effect of 0,356.


Keyword: Field Work Practices (PKL); work readiness; soft skill


Keywords


Praktik Kerja Lapangan (PKL); kesiapan kerja; soft skill; Field Work Practices (PKL); work readiness;

Full Text:

PDF

References


Chotimah, K., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391–404.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Kusnaeni, Y. (2015). Pengaruh Persepsi tentang Kerja Praktek Lapangan, Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Bhakti Persada Kendal. Skripsi, 5(Vol 5 No 1 (2016): Economic Education Analysis Journal). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9983

Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2017). Pengaruh Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2),

https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1074

Mariah, S., & Sugandi, M. (2010). Kesenjangan Soft Skills Lulusan SMK dengan Kebutuhan Tenaga Kerja di Industri. Jurnal Inovasi Dan Perekayasa Pendidikan, 3, 379–400. Mustika, R. C., Nurjanah, N., &

Chisbiyah, L. A. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan

terhadap Soft Skill Siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga di Kota Malang. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 40(2), 147–156.

Prawira, P. A. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru (A. Safa (ed.); 1st ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwandari. (2007). Model Pembelajaran Berbasis Soft Skills untuk Mengembangkan Kecakapan Sosial Anak Tuna Laras di Sekolah Luar Biasa. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Santoso, T. A., Sudjimat, D. A., & Suwarno, S. (2019). Hubungan Soft Skills dan Prestasi Praktik Industri dengan Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 42(2), 148–157.

Sudjimat, D. A. (2012). Pengembangan Model Pendidikan Soft Skill melalui Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FT UM. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan Dan Pengajarannya, 33(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suhartini, Y. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwiraswasta. Jurnal Akmenika UPY, 7, 38–59.

Suharyanti, C. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran dan Program Kerja Praktek terhadap Pengembangan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 4(1), 118291.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukardi, D. K. (1989). Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia. Umaimah. (2020). Peran Soft Skills dalam Memediasi Pengaruh Prakerin, Status Sosial Ekonomi Keluarga, dan Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII OTKP SMK PGRI 01 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Widyastanti, S. (2017). Kontribusi Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Kemampuan Soft Skills terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v20i2.60229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...