PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Arwan Nur Ramadhan (Sinta ID: 5995719) Universitas Negeri Yogyakarta https://orcid.org/0000-0001-8123-7824
  • Riana Isti Muslikhah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Siti Umi Khayatun Mardiyah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhyadi Muhyadi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/efisiensi.v19i1.53607

Keywords:

persepsi, daring, pembelajaran, SMK, perception, online, learning, VHS

Abstract

Abstrak: Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran daring ada yang bersifat positif dan negative. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi guru terhadap pembelajaran daring di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode survey. Intrumen penelitian ini berupa angket yang disebarkan melalui google form. Sampel dari penelitian ini yaitu 40 orang guru SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran daring di SMK berada pada kategori baik. Penggunaan platform dalam pembelajaran daring berada dalam kategori baik dengan persentase 64%. Indikator pelaksanaan pembelajaran daring berada pada kategori baik dengan persentase 71%. Umpan balik dan evaluasi tugas siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase 50%. Selama pembelajaran daring guru kurang dalam menyediakan materi pembelajaran yang menarik dan mudah diakses bagi para siswa. Evaluasi pembelajaran daring ada pada kategori baik dengan persentase 33%. Pelaksanaan supervisi dalam pembelajaran daring berada dalam kriteria baik

 

Kata kunci: persepsi, daring, pembelajaran, SMK

 

Abstract: Teachers' Perceptions of Online Learning in Vocational High Schools. Previous research revealed that teachers' perceptions of online learning were positive and negative. The purpose of this study is to determine the teacher's perception of online learning in Vocational High Schools. This study uses quantitative research methods with survey methods. The instrument of this research is in the form of a questionnaire distributed via google form. The sample of this research is 40 SMK teachers in the Province of the Special Region of Yogyakarta. The results of this study indicate that the teacher's perception of online learning in VHS is in the good category. The use of platforms in online learning is in the good category with a percentage of 64%. The indicators for the implementation of online learning are in the good category with a percentage of 71%. Feedback and evaluation of student assignments are in the very good category with a percentage of 50%. During online learning, teachers are lacking in providing interesting and accessible learning materials for students. Evaluation of online learning is in the good category with a percentage of 33%. Implementation of supervision in online learning is in good criteria.

 

Keywords: perception, online, learning, VHS

Author Biography

Arwan Nur Ramadhan, (Sinta ID: 5995719) Universitas Negeri Yogyakarta

Latar belakang pendidikan S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta, S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Negeri Yogyakarta. Saat ini menjadi Ketua Dewan Redaksi Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi (Sinta 4), Anggota Redaksi Jurnal Economia (Sinta 2); Reviewer Jurnal Ad'ministrare Universitas Negeri Makassar (Sinta 4) dan Jurnal Manajerial Universitas Pendidikan Indonesia (Sinta 4); Ketua Laboratorium Komputer Terintegrasi Fakultas Ekonomi UNY, Tim Ahli Wakil Bidang Kesejahteraan dan Minat Khusus, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY, serta Tim Ahli di Belmawa Ristekdikti dalam bidang Pemeringkatan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (SIMKATMAWA). Profil lengkap bisa kunjungi http://staffnew.uny.ac.id/staff/11504890421544

 

Profil Sinta

Profil Google Scholar

 

References

Anisa, R. J., Jana, P., & Marsiyam, M. (2021). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2119. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3707

Bagus Prastiyo, E., Arfa, D., Waras Tuti, S., & Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji, S. (2022). Persepsi Guru Terhadap Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Madinah Tanjungpinang. 1. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Bozkurt, A., Jung, I., Xiao, J., Vladimirschi, V., Schuwer, R., Egorov, G., Lambert, S. R., Al-Freih, M., Pete, J., Olcott, D., Rodes, V., Aranciaga, I., Bali, M., Alvarez, A. v, Roberts, J., Pazurek, A., Raffaghelli, J. E., Panagiotou, N., de Coí«tlogon, P., ... Paskevicius, M. (2020). A global outlook to the interruption of education due to COVID-19 Pandemic: Navigating in a time of uncertainty and crisis. Asian Journal of Distance Education, 15(1), 1–126. http://www.asianjde.org

Firharmawan, H. (2022). A Survey on Teachers' Perception of Online Learning in the Covid-19 Pandemic. E-Jou (English Literature and Education Journal), 2(2), 115–127.

Harnin, K. N., Padmadewi, N. N., Luh, N., Eka, P., Dewi, S., Komang, N., & Suwastini, A. (2022). Teachers' Perception And Practices On Giving Feedback On Students' Work During Online Learning. Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation)|Volume 8 Number, 1(1), 55. https://doi.org/10.21009/JISAE

Rahayu, R. P., & Wirza, Y. (2020). Teachers' Perception of Online Learning during Pandemic Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20, 392–406.

Hutapea, H. R., & Tambunan, B. H. (2021). Persepsi Guru Dan Siswa SMK Otomotif Terhadap Penggunaan Whatsapp Dan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. RODA: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Otomotif, 1(2), 7–12. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/roda

Ramanta, D., & Dwi Widayanti, F. (2021). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Satya Widya, 37(1), 62–71.

Saripudin, S., Sumarto, S., Juanda, E. A., Abdullah, A. G., & Ana, A. (2020). Vocational school teachers' perceptions of e-learning during covid-19. Journal of Engineering Education Transformations, 34(Special Issue), 7–13. https://doi.org/10.16920/JEET/2020/V34I0/157844

Siregar, A. T. B., Simatupang, E. C. M., Sari, P., & Gunawan, H. (2021). Teacher's Perception On Online Learning During Covid-19 At Smkn 5 Vocational School Bandung. In Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (Vol. 12, Issue 8).

Suryani, N. N. A., & Tripalupi, L. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Proses Pembelajaran Daring Pada Masa (Pandemi Covid-19) di SMP Negeri 1 Sawan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(2), 340–351. http://dx.doi.org/1

Takhlishi, A. (2018). Implementasi Supervisi Pendidikan pada Masa Pandemi COVID-19 di Madrasah Aliyah Sunan Prawoto Pati. Jurnal Intelegensia, 06(1).

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Ramadhan, A. N., Muslikhah, R. I., Mardiyah, S. U. K., & Muhyadi, M. (2022). PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 19(1), 42–59. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v19i1.53607