FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT MEMBELI MAKANAN KEMASAN BERLABEL HALAL LPPOM-MUI

Maghfiroh Maghfiroh, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Abstrak: Faktor-faktor yang Memengaruhi Niat Membeli Makanan Kemasan Berlabel Halal LPPOM-MUI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor personal, faktor sosial, faktor informasi dan sikap terhadap niat membeli produk makanan kemasan berlabel halal LPPOM-MUI pada mahasiswa nonmuslim UNY baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk penelitian kausal asosiatif yang meneliti pengaruh hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian adalah mahasiswa S-1 nonmuslim di UNY tahun 2011-2014. Sampel penelitian berjumlah 92 mahasiswa dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, analisis data mengunakan metode regresi probit. Hasil penelitian menunjukkan dari 4 variabel bebas terdapat 3 variabel yang tidak berpengaruh. Variabel yang tidak berpengaruh tersebut yaitu variabel faktor personal, sosial, informasi sedangkan variabel yang berpengaruh yaitu variabel sikap. Secara simultan terdapat pengaruh faktor personal, sosial, informasi dan sikap terhadap niat membeli makanan kemasan berlabel halal LPPOM-MUI pada mahasiswa nonmuslim UNY.

Kata kunci: niat membeli, personal, sosial, informasi, sikap

Abstract: The Determinants of Intention to Buy Labeled Halal Foods By LPPOM-MUI. This study aims to investigate the effect of personal, social, information factors and attitudes on the intention to buy packed labeled halal food products by LPPOM-MUI among non-Muslim students of Yogyakarta State University. This was an associate causal study investigating the effects of independent variables on a dependent variable. The sample, consisting of 92 students was selected by means of the purposive sampling technique. The data were collected through a questionnaire and were analyzed using the probit regression method. The results showed of four independent variables, three of them had no effect on independent variable. Those three variables were personal, social, and information. Simultaneously there was an influence of personal, social, information and attitude variables toward the intention of buying packaged labeled halal food by LPPOM-MUI on non-Muslim students of Yogyakarta State University.

Keywords: intention to buy, personal, social, information, attitude


Keywords


Makanan; Kemasan; Label Halal; LPPOM-MUI; Non Muslim

Full Text:

PDF

References


Ajzen & Fishbein. (1975). Beliefs, Attitudes, Intention And Behavior: An Introduction To Theory And Research. Philippines: Addision Wesley

Ajzen. I. (1991). The Theory of Planned Behaviour. In: Organizational Behaviour

and Human Decision Process . Amherst, MA: Elsevier, 50: 179 – 211

BPS. (2010). Jumlah penduduk Indonesia menurut survei penduduk tahun 2010. Diakses tanggal 23 Februari 2015 dari www.bps.go.id

Market Brief ITPC Osaka. (2013). Journal Product Halal. halaman 16

Schiffman, Leon G. & Kanuk, Leslie Lazar. 2000. Consumer Behavior. Prentice: Hall International

Siregar Syofian. (2011). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. RajaGrafindo Persada: Jakarta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Tribun. (2015). Total produk halal di Indonesia. Diakses pada 8 Februari 2015 dari www.tribunnews.com




DOI: https://doi.org/10.21831/economia.v11i2.8240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Archive, Citation & Indexing:

More archive, citation, & indexing...

Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License