PENINGKATAN KEMAMPUAN MELATIH LARI SPRINT 100 M, 200 M, DAN 400 M MELALUI KEPELATIHAN PROGRAM LATIHAN PADA PELATIH PPLM PAPUA TAHUN 2009
Abstract
Abstrak: Peningkatan Kemampuan Melatih Lari Sprint 100 M, 200 M dan 400 M melalui Kepelatihan Program Latihan pada Pelatih PPLM Papua. Penelitian ini bertujuan agar pelatih dan atlet lari sprint menerapkan berbagai model latihan teknik gerakan tungkai dan lengan, memiliki tujuan pembinaan yang terarah dan menerapkan IPTEK keolahragaan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan dua siklus. Prosedur penelitiannya: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan evaluasi, serta (4) analisis dan refleksi. Teknik pengambilan data dengan wawancara, tanya jawab dan pengamatan. Hasil tindakan siklus I disimpulkan bahwa 2 pelatih (28%) telah menyusun dan mempraktikkan program latihan, model-model latihan teknik tungkai dan lengan, dan IPTEK keolahragaan; 4 pelatih (59%) belum menyusun dan mempraktikkan program latihan, 5 pelatih (70%) tidak menggunakan model-model latihan teknik tungkai dan lengan, dan IPTEK keolahragaan. Hasil tindakan siklus II disimpulkan bahwa semua pelatih (100%) telah menyusun dan mempraktikkan program latihan, model-model latihan teknik tungkai dan lengan, serta IPTEK keolahragaan.
Kata Kunci: kemampuan melatih lari, sprint 100, 200 dan 400 M, model latihan
Kata Kunci: kemampuan melatih lari, sprint 100, 200 dan 400 M, model latihan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v0i1.1473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.