Pemanfaatan Turtlebot3 untuk Pembelajaran Sistem Navigasi dan Pemetaan Berbasis Robot Operating System (ROS) Melalui Simulasi di Gazebo pada Mata Kuliah Robotika
DOI:
https://doi.org/10.21831/jeee.v1i1.1719Keywords:
Turtlebot3, Robot Operating System (ROS)), Gazebo, Navigasi dan Pemetaan, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran sistem navigasi dan pemetaan robot berbasis Robot Operating System (ROS) menggunakan TurtleBot3 melalui simulasi di Gazebo yang sesuai untuk kegiatan pembelajaran pada mata kuliah Robotika, (2) mengetahui hasil uji fungsional dari media pembelajaran tersebut, (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran sistem navigasi dan pemetaan berbasis ROS menggunakan TurtleBot3 melalui simulasi di Gazebo, serta (4) mengetahui penilaian pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket skala Likert lima poin, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran ROS menggunakan TurtleBot3 melalui simulasi di Gazebo berhasil dikembangkan dan dilengkapi dengan modul serta labsheet pembelajaran, (2) TurtleBot3 efektif digunakan sebagai alat peraga virtual dalam menjelaskan konsep navigasi dan pemetaan robot, (3) hasil uji kelayakan media menunjukkan kategori “Layak” dengan rerata skor 77,0, sedangkan uji kelayakan materi memperoleh kategori “Sangat Layak” dengan rerata skor 102,0, dan (4) hasil penilaian pengguna menunjukkan kategori “Sangat Baik” dengan rerata skor 119,97.
Downloads
References
[1] N. Fonna, Pengembangan revolusi industri 4.0 dalam berbagai bidang. Medan: Guepedia, 2019.
[2] A. Savitri, Revolusi industri 4.0: mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. Yogyakarta: Genesis, 2019.
[3] S. Suprapto and T. C. Mulat, “Faktor Determinan Pengembangan Kapasitas Perawat dalam Pelayanan Kesehatan,” J. Ilm. Kesehat. Sandi Husada, vol. 10, no. 2, pp. 416–422, Dec. 2021.
[4] Undang Undang RI, “Undang-Undang Tentang Pendidikan Tinggi (UU Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012).” 2012.
[5] N. Ramadhani, “IMPLEMENTASI RFID ( RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION ) PADA SISTEM INFORMASI SLIMS DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Nadya Ramadhani Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA | Vol 2 . No 3 September 2023 Jurnal Multidisipliner Kapalamada Perkembang,” J. Multidisipliner Kapalamada, vol. 2, no. 3, pp. 161–172, 2023.
[6] R. K. Megalingam, C. R. Teja, S. Sreekanth, and A. Raj, “ROS based Autonomous Indoor Navigation Simulation Using SLAM Algorithm,” Int. J. Pure Appl. Math., vol. 118, no. 7, pp. 199–205, 2018.
[7] Z. N. Starry, A. N. Jati, and F. C. Hasibuan, “Simulasi Openslam Menggunakan Turtlebot3 Pada Ros,” vol, vol. 8, no. 5, pp. 6201–6211, 2021.
[8] H. Soebhakti, R. Yulianti, F. Risi, and Y. Pratiwi, “Obstacle Avoidance System Using LiDAR on Robot Turtlebot3 Burger,” in Proceedings of the 5th International Conference on Applied Engineering, ICAE 2022, 5 October 2022, Batam, Indonesia, 2023.
[9] I. Irawati, “Pengembangan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Prezi,” J. Pendidik. Bhs., vol. 8, no. 1, pp. 19–24, 2018.
[10] K. K. Wardani and D. Puspasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Komunikasi Telepon dalam Bahasa Inggris di SMK IPIEMS Surabaya,” J. Teknol. Pendidik. J. Penelit. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 7, no. 1, p. 1, 2022.
[11] K. A. Septiana and A. Firdonsyah, “Analisis kelayakan Wi-Fi Coin Cleon di PT SaranaInsan MudaSelaras menggunakan Skala Likert,” J. LPPM Univ. ‘Aisyiyah Yogyakarta, vol. 3, pp. 932–940, 2025.
[12] H. F. Atlam, R. J. Walters, G. B. Wills, and J. Daniel, “Fuzzy Logic with Expert Judgment to Implement an Adaptive Risk-Based Access Control Model for IoT,” Mob. Networks Appl., vol. 26, no. 6, pp. 2545–2557, 2021.
[13] S. Ndiung and M. Jediut, “Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi,” Prem. Educ. J. Pendidik. Dasar dan Pembelajaran, vol. 10, no. 1, pp. 94–111, Jun. 2020.
[14] I. Kennedy, “Sample Size Determination in Test-Retest and Cronbach Alpha Reliability Estimates,” Br. J. Contemp. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 17–29, 2022.
[15] I. Abdullah, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA Negeri 9 Kota Ternate,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 3, pp. 180–185, Jun. 2021.
[16] N. Agustiningsih and N. Fitri, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Sejarah Indonesia Kontemporer Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Jambi,” J. Ilm. Dikdaya, vol. 10, no. 2, p. 173, Sep. 2020.
[17] M. N. Hidayat, A. Wedi, and M. Fadhli, “Development Of Interactive Multimedia Based Articulate Storyline 3 on The Main Discussion Volume of Space Building at Ulil Albab Caruban Primary School,” J. Educ. Manag. Technol., pp. 1090–1100, 2024.
[18] H. Weidong, P. Fulun, L. Jie, H. Peng, Q. Yuan, and Y. Bing, “Simulation Environment of Unmanned Group Reconnaissance System Based on RVIZ and GYM,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 2478, no. 10, p. 102015, Jun. 2023.
[19] I. Nirmala and R. Hidayati, “SISTEM NAVIGASI OTONOM ROBOT MOBIL BERBASIS ROS PADA ROBOT PENGGERAK DIFERENSIAL,” INFOTECH J., vol. 10, no. 2, pp. 288–296, Sep. 2024.
[20] F. A. Zahwa and I. Syafi’i, “PEMILIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI,” Equilib. J. Penelit. Pendidik. dan Ekon., vol. 19, no. 01, pp. 61–78, Jan. 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Journal of Electrical Engineering and Education (JEEE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Journal.