Pengembangan Alat Peraga Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid pada Mata Kuliah Praktik Pembangkit Tenaga Listrik

Authors

  • Zahra Dwi Nur Rahmawati Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Nurhening Yuniarti Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jeee.v1i1.1711

Keywords:

Pembangkit, PLTH, Renewable energy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan alat peraga miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) berbasis energi angin dan surya yang praktis untuk pembelajaran praktik pembangkit tenaga listrik, mengetahui kelayakannya, serta mengukur kebermanfaatannya dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep integrasi energi terbarukan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE. Subjek penelitian terdiri atas ahli media, ahli materi, mahasiswa, dan dosen Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi, angket, pretest, dan posttest, serta dianalisis secara deskriptif. Hasil Instrumen dinyatakan valid (r > 0,312) dan reliabel (α = 0,933; “Sangat Tinggi”), alat peraga dan buku panduan berhasil dikembangkan dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak” secara materi (81%) dan “Layak” secara media (74%). Pengguna memberikan respon “Sangat Baik”, dengan peningkatan pemahaman dari 77% menjadi 92%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] S. Samsurizal, S. Azzahra, C. Christiono, M. Fikri, H. Azis, and A. Yogianto, “Prototype Pembelajaran Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Berbasis Energi Surya,” TERANG, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.33322/terang.v4i1.1278.

[2] A. D. Nugroho, M. S. Alim, S. Sundari, and G. R. Soekarno, “Kebijakan Dekarbonisasi Sistem Energi Indonesia pada Sektor Energi Terbarukan,” CAKRAWALA, vol. 17, no. 2, 2023, doi: 10.32781/cakrawala.v17i2.539.

[3] L. Lubna, S. Sudarti, and Y. Yushardi, “POTENSI ENERGI SURYA FOTOVOLTAIK SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF,” Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, vol. 21, no. 1, 2021, doi: 10.33592/pelita.v21i1.1269.

[4] R. Agtiani Putri, M. Murtadlo, and W. Wagino, “Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Siswa Inklusi,” Jurnal Konseling Pendidikan Islam, vol. 4, no. 1, 2023, doi: 10.32806/jkpi.v4i1.323.

[5] K. R. Saputra, I. P. S. Arsa, and I. G. Ratnaya, “Pengembangan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada Mata Kuliah Pembangkit Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro,” Jurnal Pendidikan Teknik …, vol. 9, no. 3, pp. 193–202, 2020.

[6] Z. Tharo, S. Anisah, and F. Rahman, “Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) Surya-Bayu Sebagai Media Pembelajaran,” vol. 1, no. 1, pp. 169–182, 2024.

[7] N. Yuniarti and I. W. Aji, Modul Pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik. Yogyakar-ta, 2019.

[8] N. Yuniarti and dkk, Media Pembelajaran Vokasional, 1st ed. Yogyakarta: UNY Press, 2024.

[9] I. Djatmiko, Strategi Penulisan skripsi Tesis &Disertasi Bidang Pendidikan, 1st ed., vol. 11, no. 1. Yogyakarta: UNY Press, 2019.

[10] Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Buku Peraturan Akademik. Yogyakarta: UNY Press, 2023.

[11] E. Hertanto, “Perbedaan Skala Likert Lima Skala Dengan Skala Likert Empat Skala,” Jurnal Metodologi Penelitian, no. September, 2017.

[12] W. W. Lee and D. L. Owens, “Multimedia-Based Instructional Design computer based training and ......,” J Chem Inf Model, vol. 53, no. 9, 2004.

[13] A. A. Gde Ekayana, “Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Internet Of Things,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 16, no. 2, 2019, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v16i2.17594.

[14] Asyhar R, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, 1st ed. Jakarta: Gaung Persada Press, 2011.

[15] H. Pagarra, A. Syawaluddin, W. Krismanto, and Sayidiman, Media Pembelajaran. 2022.

[16] E. Julita and Sofino, “Penggunaan Metode Pembelajaran Variatif Dalam Pembelajaran Warga Belajar Paket C,” JOLL (JUNE 2022) Journal of Lifelong Learning, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2022.

[17] J. E. Wismaya, “Pengembangan Media Pembelajaran Tiga Dimensi (Miniatur Kincir Air Pembangkit Listrik) untuk Materi Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energi,” 2018.

[18] S. Putrianingsih, A. Muchasan, and M. Syarif, “Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran,” Inovatif, vol. 7, no. 1, pp. 206–231, 2021.

[19] H. S. Abdilah, “Pengembangan Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Air Sebagai Media Pembelajaran Fisika Sekolah,” vol. IV, pp. 77–80, 2015.

[20] Delfiyana and M. Syahrul, “Uji Kerja Pembangkit Listrik Hibryd Tenaga Surya Dan Bayu Tipe Vawt Cross-Flow Untuk Penerangan,” 2022.

Downloads

Published

2025-09-09

How to Cite

Rahmawati, Z. D. N., & Yuniarti, N. (2025). Pengembangan Alat Peraga Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid pada Mata Kuliah Praktik Pembangkit Tenaga Listrik. Journal of Electrical Engineering and Education (JEEE), 1(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/jeee.v1i1.1711

Citation Check