Implementasi 5R dalam Menunjang Productive Maintenance untuk Mewujudkan Sekolah Berbasis Industri pada Bengkel TITL UPT SMK Negeri 3 Muara Enim

Authors

  • Ilham Choiri Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Ketut Ima Ismara Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jeee.v1i1.1731

Keywords:

Budaya Kerja 5R, Pengelolaan Bengkel, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan budaya kerja 5R di bengkel TITL SMK Negeri 3 Muara Enim. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain penelitian diskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dari 9 sampel yang terdiri dari kepala sekolah, ketua jurusan teknik ketenagalistrikan, guru, teknisi, dan siswa dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisisis kualitatif model Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pelaksanaan 5R melibatkan kepala sekolah, ketua jurusan, dan teknisi; (2) Pelaksanaan 5R dalam kategori baik yaitu dengan persentase sebesar 72,6%; (3) Pengawasan pelaksanaan 5R melibatkan ketua jurusan, teknisi, dan guru; (4) Hambatan dari pelaksanaan budaya kerja 5R terdiri dari faktor fisik dan non fisik. Kesimpulannya, pelaksanaan 5R di bengkel TITL UPT SMK Negeri 3 Muara Enim sudah dilaksanakan dengan baik dengan adanya beberapa hambatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] H. Kuper, “Industry 4.0: changes in work organization and qualification requirements challenges for academic and vocational education,” Entrepreneurship Education, vol. 3, pp. 119-131, 2020.

[2] Wagiran, Pardjono, W. Suyanto, H. Sofyan, S. Soenarto dan A. Yudantoko, “Competencies of Future Vocational Teachers: Perspective of in-Service Teachers and Educational Experts.,” Cakrawala Pendidikan, p. 38(2), 2019.

[3] I. Permana, “Erik Thohir: 9 jenis pekerjaan akan hilang di 2030,” 21 Juni 2022. [Online]. Available: https://ekbis.sindonews.com/read/804915/34/erick-thohir-9-jenis-pekerjaan-ini-akan-hilang-di-2030-1655820417.

[4] P. B. Statistik, “Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,91 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 3,27 juta rupiah per bulan,” Badan Pusat Statistik, 2024.

[5] B. P. Statistik, “Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2024,” Badan Pusat Statistik, 2024.

[6] A. A. Candra, “Banyak Lulusan SMK Jadi Pengangguran, Ini Penyebabnya,” 22 5 2017. [Online]. Available: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3508298/banyak-lulusan-smk-jadi-pengangguran-ini-penyebabnya.

[7] P. R. Indonesia, Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan., 2016.

[8] M. Perindustrian, Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri, 2017.

[9] J. K. Liker dan D. Meier, The Toyota Way Fieldbook, Jakarta: Erlangga Group, 2007.

[10] I. W. Rusdiana dan S. Di, “Kaizen and implementation suggestion in the defense industry: A literature review,” Journal of Industrial Engineering & Management Research, vol. 3(3), p. 35, 2022.

[11] M. Imai, Gemba Kaizen: Pendekatan akal sehat, berbiaya rendah pada managemen, Pustaka Binaman Pressindo., 1998.

[12] R. N. Yenita, Higiene industry., Yogyakarta: Deepublish., 2017.

[13] Adriana dan dkk, “Analisis Penerapan Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Pada Pembangunan Gedung Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado Oleh PT. Adhi Karya (Persero) Tbk,” Jurnal KESMAS, vol. 7(5), 2018.

[14] Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2022.

[15] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.

[16] S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2007.

[17] T. Osada, Sikap Kerja 5S, Jakarta: PPM, 2002.

[18] R. Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Pasal 1 Ayat 15, 2010.

[19] R. Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.

[20] I. Ismara dan E. Prianto, Bagaimana Agar Laboratorium dan Bengkel Pendidikan Vokasi Menjadi Nyaman, Selamat, dan Sehat ?, Yogyakarta: UNY Press, 2017.

Downloads

Published

2025-10-10

How to Cite

Choiri, I., & Ismara, K. I. (2025). Implementasi 5R dalam Menunjang Productive Maintenance untuk Mewujudkan Sekolah Berbasis Industri pada Bengkel TITL UPT SMK Negeri 3 Muara Enim . Journal of Electrical Engineering and Education (JEEE), 1(1), 103–115. https://doi.org/10.21831/jeee.v1i1.1731

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.