Pengembangan Media Pembelajaran Pengukuran Parameter Listrik Berbasis IoT di SMKN 2 Yogyakarta

Authors

  • Ditra Syahrukh Mukhodam Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Totok Heru Tri Maryadi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jeee.v1i1.1761

Keywords:

Media Pembelajaran, IoT, ADDIE, ESP8266, PZEM-004T

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran pengukuran parameter listrik berbasis Internet of Things (IoT) yang efektif; (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran pengukuran parameter listrik berbasis IoT; (3) mengevaluasi kelayakan media pembelajaran pengukuran parameter listrik berbasis IoT; dan (4) menganalisis respons pengguna terhadap pengaplikasian media pembelajaran pengukuran parameter listrik berbasis IoT. Penelitian ini menggunakan metode reseearch and development dengan pendekatan ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMKN 2 Yogyakarta dengan subjek expert judgement, dua ahli media, dua ahli materi, dua guru, 35 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket, dengan uji fungsionalitas menggunakan pengujian black box, uji validitas instrumen pengguna dengan korelasi pearson, dan uji reliabilitas pengguna menggunakan alpha cronbach. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk menilai unjuk kerja, kelayakan media dan materi, serta kebermanfaatan inovasi alat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media mudah digunakan dan mendukung pembelajaran efektif, (2) hasil unjuk dengan pengujian black box menunjukkan bahwa 10 komponen utama media pembelajaran bekerja dengan baik, (3) persentase kelayakan media pembelajaran berbasis IoT oleh ahli materi sebesar 85,00% dengan kategori “Sangat Baik” dan oleh ahli media sebesar 77,50% dengan kategori “Baik”, (4) Untuk kebermanfaatan inovasi alat sebesar 89,03% dengan kategori “Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Santika, E. Simanjuntak, R. Amalia, and S. Kurniasari, “Peran Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Memposisikan Lulusan Siswanya Mencari Pekerjaan Info Artikel Abstrak,” J. Kajian, Penelit. dan Pengemb. Kependidikan, vol. 14, no. 1, pp. 84–94, 2023.

[2] N. Purba, M. Yahya, and Nurbaiti, “Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya,” J. Perilaku Dan Strateg. Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 91–98, 2021.

[3] Y. B. Widodo, A. M. Ichsan, and T. Sutabri, “Perancangan Sistem Smart Home Dengan Konsep Internet Of Things Hybrid Berbasis Protokol Message Queuing Telemetry Transport,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 6, no. 2, pp. 123–136, 2020.

[4] Mustaziri, Y. Mirza, and H. Deviana, “Sistem Monitoring Parkir Mobil Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,” 12 J. JUPITER, vol. 12, no. 2, pp. 12–25, 2020.

[5] Irwanto, “Link and Match Pendidikan Kejuruan Dengan Dunia Usaha dan Industri di Indonesia,” J. Inov. Penelit., vol. 2, no. 2, pp. 549–562, 2021.

[6] M. M. Moto, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan,” Indones. J. Prim. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 20–28, 2019.

[7] R. S. Dewi, “Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran IPA-BIOLOGI Pada Pokok Bahasan Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar di MTs N 5 KOTA JAMBI,” J. Literasiologi, vol. 4, no. 2, pp. 1–22, 2020.

[8] T. Titania and S. Widodo, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK N 2 Yogyakarta,” J. Pendidik. Tek. Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 89–94, 2020.

[9] T. Ongko and Fauzan, “Analisa Beban Non-Linier Terhadap Nilai THDi dan THDv di Gedung Equity Tower,” J. Elektro, vol. 11, no. 1, pp. 57–71, 2023.

[10] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, 2019.

[11] R. M. Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science, 2009.

[12] J. Shadiq, A. Safei, and R. W. R. Loly, “Pengujian Aplikasi Peminjaman Kendaraan Operasional Kantor Menggunakan BlackBox Testing,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 5, no. 2, p. 97, 2021.

[13] S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2 ed.). Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

[14] I. Shuhada, M. Fatkhurrokhman, and E. Permata, “Pengembangan Modul Dan Jobsheet Instalasi Motor Listrik Berbasis Project Based Learning Di Smkn 1 Cinangka,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 15, pp. 200–215, 2023.

[15] I. S. Nugroho and A. Hadi, “Rancang Bangun Trainer Smart Home dengan FiturVoice Recognition Menggunakan Mikrokontroler Nodemcu Esp8266 Berbasis Internet of Things Isworo,” Vocat. Tek. Elektron. dan Inform., vol. 10, no. 4, pp. 36–44, 2022.

[16] M. N. Adiwiranto, C. B. Waluyo, and B. Sudibya, “Prototipe Sistem Monitoring Konsumsi Energi Listrik Serta Estimasi Biaya Pada Peralatan Rumah Tangga Berbasis Internet of Things,” J. Edukasi Elektro, vol. 6, no. 1, pp. 32–41, 2022.

[17] D. A. Nafiati, “Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik,” Humanika, vol. 21, no. 2, pp. 151–172, 2021.

[18] J. L. Aggista, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Daya Menggunakan Sensor PZEM-004T Berbasis Internet Of Things,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2020.

[19] I. O. Setiawan, “Sistem Monitoring Penggunaan Listrik Menggunakan Sensor PZEM – 004T Berbasis Internet Of Things (IoT),” Universitas Semarang, 2022.

[20] Irvandi, “Perancangan Prototype Alat Monitoring Listrik Pada Rumah Tangga Berbasis IOT (INTERNET OF THINGS),” Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2022.

Downloads

Published

2025-10-10

How to Cite

Syahrukh Mukhodam, D., & Maryadi, T. H. T. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Pengukuran Parameter Listrik Berbasis IoT di SMKN 2 Yogyakarta. Journal of Electrical Engineering and Education (JEEE), 1(1), 89–102. https://doi.org/10.21831/jeee.v1i1.1761

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.