Pengaruh Sarana dan Prasarana Bengkel Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas 12 TITL di SMK Batur Jaya 1 Ceper
DOI:
https://doi.org/10.21831/jeee.v1i1.1430Keywords:
Sarana, Prasarana, Bengkel, Fasilitas, Kesiapan Kerja, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kelayakan sarana dan prasarana bengkel Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Batur Jaya 1 Ceper, tingkat kesiapan kerja siswa kelas 12 TITL, serta pengaruh antara keduanya. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 41 siswa kelas 12 TITL melalui kuesioner skala Likert, penelitian ini menganalisis data dengan statistik deskriptif, uji prasyarat, dan analisis regresi linier sederhana. Hasilnya menunjukkan bahwa baik tingkat kelayakan sarana prasarana bengkel (rata-rata 32,34 atau 67,375%) maupun tingkat kesiapan kerja siswa (rata-rata 67,44%) keduanya berada dalam kategori "cukup", dan meskipun ada pengaruh signifikan antara sarana prasarana terhadap kesiapan kerja, hubungan tersebut dikategorikan rendah.
Downloads
References
[1] Peraturan Pemerintah RI, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Pendidikan Menengah (PP Nomor 29 Tahun 1990),” 1990, Jakarta. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/60867/pp-no-29-tahun-1990
[2] Badan Pusat Statistik, “Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2024.” Accessed: Apr. 20, 2025. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/unemployment-rate-by-education-level.html
[3] Dimas Waraditya Nugraha, “SMK dan Industri Tak Kunjung Selaras, 1,6 Juta Lulusan Menganggur,” Kompas.id. Accessed: Apr. 20, 2025. [Online]. Available: https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2024/02/06/jutaan-lulusan-smk-selalu-menganggur-ini-biang-keladi-di-mata-industri
[4] Menteri Pendidikan Nasional, “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan(SMK/MAK),” 2008, Jakarta.
[5] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2020.
[6] S. Syahrum and S. Salim, METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. Bandung: Citapustaka Media, 2014.
[7] S. Mania, “Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran,” LENTERA Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 220–233, 2008, doi: https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7.
[8] H. Retnawati, Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian) (1st ed.), 1st ed. Yogyakarta: Parama Publishing, 2016.
[9] S. Azwar, Penyusunan Skala Psikologi (3rd ed.). 2022.
[10] D. Rosana and D. Setyawarno, Statistik Terapan Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2017.
[11] J. Lolombulan, Kajian Analisis Regresi dalam Penelitian (1st ed.). Penerbit Andi, 2022.
[12] D. Priyatno and R. I. Utami, Panduan Praktis Olah Data menggunakan SPSS (1st ed.). Yogyakarta: Andi, 2017.
[13] S. Yamin, L. A. Rachmach, and H. Kurniawan, Regresi dan Korelasi Dalam Genggaman Anda. Jakarta: Salemba Empat, 2011.
[14] A. A. Wahid, A. R. Djaelani, and Y. Sarsetyono, “Prasarana Kelengkapan Bengkel Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Tkr Smk Negeri 1 Petarukan Tahun Ajaran 2017 / 2018,” J. Vocat. Educ. Automot. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2019, [Online]. Available: https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1032
[15] N. Kusumasari and A. Rustiana, “Pengaruh Pengalaman Ojt, Fasilitas Belajar, Dan Lingkungan Pendidikan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Melalui Motivasi Berprestasi,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 8, no. 1, pp. 366–388, 2019.
[16] Irwanto, “Peranan Manajemen Bengkel dan Laboratorium Vokasional Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Siswa SMK,” vol. 4, no. 1, pp. 221–232, 2024, doi: https://doi.org/10.556442.
[17] Peraturan Pemerintah RI, “Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 1980 tentang Pokok-Pokok Organisasi Universitas/Institut Negeri,” 1980, Jakarta. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/66531/pp-no-5-tahun-1980
[18] P. Purnamawati, F. Amir, and R. Purnamasari, “Analisis Kesiapan Kerja Siswa, Kualitas Pembelajaran Dan Sarana Prasarana Smk Negeri Di Kabupaten Soppeng,” Pros. Semin. Nas. Fak. Tek. UNM, 2020.
[19] F. Mirawati, “Pengaruh Sarana Pembelajaran Praktek, Praktek Kerja Industri, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Di STP Sahid Bintan,” STIE Pembang. TANJUNGPINANG, 2017.
[20] I. N. Sudiarta, “Pengaruh Praktek Kerja Nyata dan Sarana Pembelajaran Praktek terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Manajemen Perhotelan Sekolah Perhotelan Bali pada Industri Pariwisata,” J. Ilm. Hosp. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 52–56, 2018, doi: https://doi.org/10.22334/jihm.v2i2.79.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Journal of Electrical Engineering and Education (JEEE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Journal.