Pengaruh Konsep dan Motivasi Diri Terhadap Perencanaan Karir Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/jeee.v1i1.1730Keywords:
Konsep diri, Motivasi diri, Perancanaan karierAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan motivasi diri terhadap perencanaan karier mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Yogyakarta. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dan pengumpalan data melalui kuesioner dengan skala Likert. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Yogyakarta, dengan sampel berjumlah 72 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik Simple Random Sampling dan rumus Slovin. Metode analisis penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat, dan analisis regresi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat konsep diri (rata-rata 79,3%), tingkat motivasi diri (rata-rata 83%), dan tingkat perencanaan karier (rata-rata 78,8%) ketiganya berada pada kategori tinggi. Sedangkan pengaruh konsep diri (34,2%) dan motivasi diri (27,5%) terhadap perencanaan karier. Konsep dan motivasi diri keduanya secara simultan memberikan pengaruh terhadap perencanaan karier sebesar 39,4%. Kesimpulannya, pemahaman yang baik dari elemen konsep diri dan motivasi diri akan meningkatkan kemampuan perancanaan karier mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
References
[1] R. Indonesia, Undang-undang RI Nomor 12, Tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi. 2012.
[2] B. P. Statistik, “Data statistik pengangguran,” no. 36, pp. 1–28, 2024.
[3] BPS, “Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2024,” 2024.
[4] B. P. Statistik, “Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan, 2024,” Jakarta, 2025. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/Njc0IzI=/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan.html
[5] A. P. Kasih, “80 Persen Mahasiswa tidak Bekerja Sesuai Jurusan Kuliah,” Kompas, 2021.
[6] T. P. M. F. T. UNY, “Tracer Study Report 2024,” Yogyakarta, 2024.
[7] Y. Nurmalasari and R. Erdiantoro, “Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan Bk Karier,” Quanta, vol. 4, no. 1, pp. 44–51, 2020, doi: https://doi.org/10.22460/q.v4i1p44-51.1709.
[8] L. Serdiuk, “The Factors Of An Individual’s Self-Determination And Psychological Well,” Ukrain-ian Psychological Journal, vol. 2, no. 12, pp. 147–159, 2019, doi: 10.17721/upj.2019.2(12).11.
[9] I. Maya, K. A. Rahman, and F. Sarman, “Hubungan Konsep Diri dengan Pemilihan Karir Siswa,” Jurnal Wahana Konseling, vol. 6, no. 2, pp. 143–151, 2023, doi: 10.31851/juang.v6i2.13197.
[10] T. A. Antas, D. K. Wardani, and A. Primastiwi, “Pengaruh Persepsi Biaya Pendidikan, Motivasi Sosial, Dan Motivasi Karir Terhadap Pilihan Berkarir Di Bidang Perpajakan Dengan Minat Mengi-kuti Brevet Pajak Sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Cakrawala Ilmiah, vol. 1, no. 6, pp. 1191–1204, 2022, doi: 10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i6.1458.
[11] H. H. B. Uno, Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta Timur: Bumi Aksara, 2022.
[12] B. U. Wutsqo, D. M. Rizky, and D. R. Hidayat, “Hubungan Konsep Diri dengan Kematangan Voka-sional Pada Siswa SMK,” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, vol. 11, no. 1, pp. 54–60, 2020, doi: 10.23887/jjbk.v11i1.27391.
[13] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2020.
[14] Rukminingsih, G. Adnan, and M. A. Latief, “Metode Penelitian Pendidikan : Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas,” J Chem Inf Model, vol. 53, no. 9, 2020.
[15] I. W. Djatmiko, Strategi Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi Bidang Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2018.
[16] H. Taherdoost, “Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research,” SSRN Electronic Journal, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.2139/ssrn.3205040
[17] S. Azwar, Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Pustaka Pelajar, 2022.
[18] D. Rosana and D. Setyawarno, Statistik Terapan untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2017.
[19] I. Ghozali, Aplikasi analisis multivariate dengan kompetensi IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.
[20] A. Yunani, A. Yeni, and S. Sumarto, “Peran konsep diri terhadap perencanaan dan kematangan karir siswa-siswi smK,” Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, vol. 4, no. 3, pp. 216–226, 2021.
[21] S. G. Kombado, “Kombado, Soteria Giofanna. "Hubungan antara konsep diri dan kecemasan ter-hadap karir mahasiswa Papua tingkat akhir Universitas Kristen Satya Wacana,” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, vol. 12, no. 3, 2021.
[22] K. Panggabean, “Future career planning,” International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation, vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2023, doi: 10.35335/curriculum.v2i1.143.
[23] G. Y. Yetni, A. Bentri, and M. Mudjiran, “The Contribution of Self-Concept to assist Career Planning of Student,” International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2020, doi: 10.24036/005349IJACCS.
[24] M. Ulifah and Mahfudiyanto, “Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Astra Infra Solution Mojokerto,” BIMA : Journal of Business and Innovation Management, vol. 3, no. 3, pp. 299–312, 2021, doi: 10.33752/bima.v3i3.5489.
[25] S. Humairah, “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Perencanaan Karir Studi Siswa Di Sma Islam Al Falah Kota Jambi,” UNIVERSITAS JAMBI, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Journal of Electrical Engineering and Education (JEEE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Journal.