Persepsi dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pendidikan Karakter di Prodi Pendidikan IPS UNY
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v10i2.5350Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi dan sikap mahasiswa terhadap pelaksanaan pendidikan karakter di Prodi Pendidikan IPS, FIS, UNY. Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2008 dan angkatan 2009 yang berjumlah 142 mahasiswa, dan diambil sampel sebesar 50% yaitu sebanyak 71 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan IPS terhadap pelaksanaan pendidikan karakter termasuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan 65% dari responden memiliki persepsi baik. Sikap mahasiswa Prodi Pendidikan IPS terhadap pelaksanaan pendidikan karakter termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan 67.60% dari responden memiliki sikap cukup baik.
Kata kunci: persepsi, sikap, pendidikan karakter
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.