Persepsi dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pendidikan Karakter di Prodi Pendidikan IPS UNY

Saliman, Anik Widiastuti, Taat Wulandari *

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi dan sikap mahasiswa terhadap pelaksanaan pendidikan karakter di Prodi Pendidikan IPS, FIS, UNY. Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2008 dan angkatan 2009 yang berjumlah 142 mahasiswa, dan diambil sampel sebesar 50% yaitu sebanyak 71 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan IPS terhadap pelaksanaan pendidikan karakter termasuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan 65% dari responden memiliki persepsi baik. Sikap mahasiswa Prodi Pendidikan IPS terhadap pelaksanaan pendidikan karakter termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan 67.60% dari responden memiliki sikap cukup baik.

Kata kunci: persepsi, sikap, pendidikan karakter


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v10i2.5350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

pISSN : 18295797    |    eISSN : 25499475

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats