Posisi IPS, Tantangan Masa Depan, dan Alternatif Baru

Authors

  • Sardiman AM *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v11i2.5299

Abstract

Berbicara soal pendidikan IPS di Indonesia memang menarik tetapi kadang juga melelahkan. Perdebatan panjang sejak tahun 1975 sampai sekarang belum mampu merumuskan hakikat pendidikan IPS di sekolah secara memuaskan, baik menyangkut substansi kajian maupun model pembelajarannya. Pada hal IPS di sekolah ini memiliki peran yang strategis dalam mengantarkan peserta didik untuk berlatih berpikir kritis dan kemampuan serta keterampilan untuk ikut berpartisipasi dalam memecahkan masalah sosial kebangsaan. Dengan demikian posisi pendidikan IPS di sekolah ini menjadi semakin strategis untuk masa-masa ke depan.Oleh karena itu, diperlukan pemikiran dan alternatif baru dalam pengembangan substansi kajian atau standar isi IPS di sekolah. Terutama untuk jenjang SMP dan yang sederajat.

Kata kunci: hakikat IPS, memecahkan masalah, alternatif baru

Downloads

Published

2015-09-02

How to Cite

*, S. A. (2015). Posisi IPS, Tantangan Masa Depan, dan Alternatif Baru. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2). https://doi.org/10.21831/socia.v11i2.5299