Posisi IPS, Tantangan Masa Depan, dan Alternatif Baru
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i2.5299Abstract
Berbicara soal pendidikan IPS di Indonesia memang menarik tetapi kadang juga melelahkan. Perdebatan panjang sejak tahun 1975 sampai sekarang belum mampu merumuskan hakikat pendidikan IPS di sekolah secara memuaskan, baik menyangkut substansi kajian maupun model pembelajarannya. Pada hal IPS di sekolah ini memiliki peran yang strategis dalam mengantarkan peserta didik untuk berlatih berpikir kritis dan kemampuan serta keterampilan untuk ikut berpartisipasi dalam memecahkan masalah sosial kebangsaan. Dengan demikian posisi pendidikan IPS di sekolah ini menjadi semakin strategis untuk masa-masa ke depan.Oleh karena itu, diperlukan pemikiran dan alternatif baru dalam pengembangan substansi kajian atau standar isi IPS di sekolah. Terutama untuk jenjang SMP dan yang sederajat.
Kata kunci: hakikat IPS, memecahkan masalah, alternatif baru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.