Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di MTsN Model Selong Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5293Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS, proses yang dilakukan dalam mengintegrasikan pendidikan karakter, dan faktor pendukung dan penghambat pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di MTsN Model Selong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para siswa dan guru IPS yang mengajar di kelas VII dan VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Para guru di MTsN Model Selong Lombok Timur sudah mengintegrasikan 18 nilai karakter menurut Kemendiknas. 2) Proses integrasi pendidikan karakter diupayakan guru melalui materi dan kegiatan pembelajaran IPS. 3) faktor pendukung pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS adalah: a) metode pembelajaran yang bervariasi, b) pembelajaran IPS sangat dekat dengan kehidupan nyata siswa, c) tenaga pendidik yang sudah bersertifikat guru profesional, d) pemahaman guru tentang pendidikan karakter cukup baik, e) evaluasi yang selalu diadakan oleh kepala sekolah dalam proses belajar-mengajar, dan f) sarana dan prasarana yang tersedia cukup memadai. Adapun faktor penghambatnya: a) minat siswa yang rendah terhadap pelajaran IPS, b) materi-materi IPS yang sangat kompleks, dan c) jam pelajaran yang tersedia sangat terbatas.
Kata kunci: integrasi, pendidikan karakter, pembelajaran IPS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.