Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di MTsN Model Selong Lombok Timur

Authors

  • Zuhud Ramdani, Zamroni *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS, proses yang dilakukan dalam mengintegrasikan pendidikan karakter, dan faktor pendukung dan penghambat pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di MTsN Model Selong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para siswa dan guru IPS yang mengajar di kelas VII dan VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Para guru di MTsN Model Selong Lombok Timur sudah mengintegrasikan 18 nilai karakter menurut Kemendiknas. 2) Proses integrasi pendidikan karakter diupayakan guru melalui materi dan kegiatan pembelajaran IPS. 3) faktor pendukung pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS adalah: a) metode pembelajaran yang bervariasi, b) pembelajaran IPS sangat dekat dengan kehidupan nyata siswa, c) tenaga pendidik yang sudah bersertifikat guru profesional, d) pemahaman guru tentang pendidikan karakter cukup baik, e) evaluasi yang selalu diadakan oleh kepala sekolah dalam proses belajar-mengajar, dan f) sarana dan prasarana yang tersedia cukup memadai. Adapun faktor penghambatnya: a) minat siswa yang rendah terhadap pelajaran IPS, b) materi-materi IPS yang sangat kompleks, dan c) jam pelajaran yang tersedia sangat terbatas.

Kata kunci:  integrasi, pendidikan karakter, pembelajaran IPS

Downloads

Published

2015-09-02

How to Cite

*, Z. R. Z. (2015). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di MTsN Model Selong Lombok Timur. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1). https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5293