Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan PBL Berbantuan Powerpoint Pada Siswa SMPN 1 Gemolong Kabupaten Sragen
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5291Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: aktivitaspembelajaran IPS melalui penerapan problem based learning (PBL) berbantuan PowerPoint, dan hasil belajar IPS siswa SMPN 1 Gemolong Kabupaten Sragen.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjekpenelitian adalah siswa kelas VIIIC SMPN 1 Gemolong Kabupaten Sragen.Jenis tindakan yang diterapkan adalah pembelajaran dengan pendekatan PBL berbantuan powerpoint. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Analisis ini untuk menjelaskan perkembangan proses pembelajaran dan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran dengan PBL.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menerapkan PBL berbantuan powerpoint: 1) terjadi peningkatan aktivitas pembelajaran sebesar 57% pada siklus I, dan 5% pada siklus II; 2) terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 57,58% pada siklus I, dan 6,06% pada siklus II; 3) terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 36,37% pada siklus I, dan 12,12% pada siklus II; dan 4) peningkatan sikap dan keterampilan kerja sama kelompok sebesar 24,24% pada siklus II.
Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran IPS, Problem Based Learning, media PowerPointDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.