Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar PPKn Di SMP

Authors

  • Abdul Rahim, Sunarso *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17645

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui, (1) Pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn di SMP, (2) Pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn di SMP, dan (3) Perbedaan pengaruh penggunaan model Project Based Learning dengan Problem Based Learning  terhadap prestasi belajar PPKn di SMP. Penelitian ini merupakan quasi experimental yang menggunakan pretest, posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan menggunakan model Project Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn, dengan memperoleh gain score sebesar 20,29 (kelas eksperimen 1); (2) Terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn, dengan memperoleh gain score sebesar 18,48 (kelas eksperimen 2); dan (3) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap prestasi belajar PPKn.

Kata kunci: project based learning, problem based learning, prestasi belajar.

Downloads

Published

2017-12-29

How to Cite

*, A. R. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar PPKn Di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2). https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17645