PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PBL PADA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMA

Authors

  • Ria Rahmawati, Sukidjo

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12580

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Keterampilan sosial dalam penelitian ini meliputi aspek bekerjasama, komunikasi, dan tanggungjawab sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan pengembangan yang mengadaptasi model Dick&Carey. Validasi dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Uji coba dilakukan 2 tahap, yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan MANOVA, diketahui terdapat perbedaan keterampilan sosial dan prestasi belajar antara pembelajaran tanpa bahan ajar berbasis  problem based learning dengan pembelajaran bahan ajar berbasis problem based learning.

 

Kata kunci: Bahan ajar berbasis problem based learning, keterampilan sosial.

Downloads

Published

2016-12-04

How to Cite

Sukidjo, R. R. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PBL PADA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMA. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12580