PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU MENONTON TELEVISI, INTERNET, DAN HANDPHONE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI LOMBOK

Authors

  • Aliahardi, Tri Hartiti

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12253

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan waktu menonton televisi, Internet, dan handphone terhadap disiplin belajar siswa di Desa Kopang, Lombok Tengah. Sumbangan efektif (SE) penggunaan waktu menonton televisi sebesar 43,1%, mengakses Internet sebesar 13,8%,dan mengakses handphone sebesar 0,1% terhadap disiplin belajar siswa. Besarnya sumbangan efektif penggunaan waktu menonton televisi, mengakses Internet, mengakses handphone  terhadap disiplin belajar siswa adalah 57%%, sedangkan sisanya 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian pengaruh penggunaan waktu menonton televisi memberikan sumbangan positif paling besar terhadap disiplin belajar siswa.

 Kata kunci: menonton televisi, mengakses internet, mengakses   handphone dan disiplin belajar

Downloads

Published

2016-12-29

How to Cite

Tri Hartiti, A. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU MENONTON TELEVISI, INTERNET, DAN HANDPHONE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI LOMBOK. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12253