IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR A TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NASIONAL BERBAH TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Muhammad Solikhin SMK Muhammadiyah Prambanan

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1.34990

Keywords:

Kata Kunci, Model Pembelajaran ARCS, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKR A di SMK Nasional Berbah pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif melalui implementasi model pembelajaran ARCS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR A di SMK Nasional Berbah tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan data dilakukan melalui lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa dengan jenis numerical rating scale dengan aspek indikator berupa keberanian peserta didik bertanya, keberanian peserta didik untuk menjawab pertanyaan/mengungkapkan pendapat, interaksi
peserta didik dengan guru dan kelompok, perhatian peserta didik selama proses
pembelajaran, serta tes evaluasi untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Model pembelajaran ARCS dikatakan berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar apabila persentase keaktifan mencapai 65 % dan sebanyak 75 % siswa telah tuntas KKM yaitu hasil belajar minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi model pembelajaran ARCS pada proses pembelajaran meningkatkan keaktifan siswa kelas X TKR A di SMK Nasional Berbah. Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan belajar siswa pada siklus I 55,60 % meningkat pada siklus II sebesar 73,71 %. 2) Implementasi model pembelajaran
ARCS mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 57,5 meingkat pada siklus II dengan rata-rata kelasnya sebesar 75. dengan persentase ketuntasan akhir sebesar 82 % dan persentase keaktifan mencapai 73,71 % di siklus II. Dengan demikian telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan.

 

Author Biography

Muhammad Solikhin, SMK Muhammadiyah Prambanan

Nama :Muhammad Solikhin

TTL     :Sleman, 12 April 1996

Alamat : Kowang Tamanmartani Kalasan RT 04 RW 02 Sleman Yogyakarta 55571

Pekerjaan Saat Ini : Guru TBSM SMK Muhammadiyah Prambanan

References

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sofyan, H., T. U. (22 Mei 2014). Peningkatan Mutu Pembelajaran Teknologi Pengecatan Melalui Metode Jigsaw Bagi Mahasiswa Otomotif FT UNY. Jurnal JPTK Vol 22.

Sofyan, H. (2015). Metodologi Pembelajaran Kejuruan. UNY Press, Yogyakarta.

Sofyan, H., Suyanto, W., Budiman, A., Siswanto, I., Gumelar, A., & Ruswanto, W. A. (2019). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN VARIASI METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENULISAN KARYA ILMIAH GURU-GURU SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(1), 11-22.

Sukmadinata, N. S. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-12-14

How to Cite

Solikhin, M. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR A TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NASIONAL BERBAH TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 73–84. https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1.34990

Issue

Section

Articles