KONTRIBUSI MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PDTO PESERTA DIDIK KELAS X TKRO SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.45565Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui: 1) kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar; 2) kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar; 3) kontribusi minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini yakni penelitian ex-post facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas X TKRO SMK Muhammadiyah Prambanan yang berjumlah 67 orang. Penelitian ini yakni penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang dipakai yakni angket serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai: 1) Uji prasyarat analisis; 2) analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar PDTO peserta didik dengan nilai kontribusi minat belajar sebesar 31,13%; 2) Terdapat kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar PDTO peserta didik dengan nilai kontribusi disiplin belajar sebesar 23,77%; 3) Terdapat kontribusi minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PDTO peserta didik dengan nilai kontribusi sebesar 54,9%.
Kata kunci: Minat Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar.References
Aji Wicaksono. (2019). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TSM A Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di SMK Muhammadiyah Pakem. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 93-114.
Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Febryan Edwin Nur Ramadhan. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRB SMKN 1 Sedayu. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1-14.
Fika Nurul Ulya. (2019). BPS: Pengangguran Meningkat, Lulusan SMK Mendominasi. Diambil tanggal 20 Desember 2019 dari https://amp.kompas.com/money/read/2019/11/05/155358926/bps-pengangguran-meningkat-lulusan-smk-mendominasi.
Nanang Setiawan. (2020). Pengembangan Modul Pada Mata Pelajaran Produkkreatif dan Kewirausahaan Untuk Siswa Kompetensikeahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK N 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 95-108.
Sagulu, K.Y. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA N 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ekonomi UNY.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sofan Amri. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Sri Setiyati. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 200-207.
Sukiyasa, K & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 126-137.
Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog Dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 83-88.
Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset
Suyitno. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 101-109.
Tanindra Wijananto. (2018). Kontribusi Kelompok Teman Sebaya dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018 Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif. Skripsi. Fakultas Teknik UNY.
Tu'u Tulus. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Wiasarana Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.