MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PIRI SLEMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1.34974Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMK PIRI Sleman pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan (PSPTKR) melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI KR B SMK PIRI Sleman pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI KR B SMK PIRI Sleman. Hal ini terbukti dari siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 60 % dan hasil belajar siswa sebesar 30% meningkat pada siklus II persentase keaktifan dan ketuntasan hasil belajar telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan dengan persentase keaktifan mencapai 79% (kategori baik) dan siswa tuntas KKM sebesar 80% (kategori sangat baik).References
Afandi, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang : Unissula Press.
Arikunto, S. & Jabar, C.S.A (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Astika, D. P. C. & Isroah. (2013). Implementasi Metode Belajar Peer Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 11, (1), 29-49.
Badan Pusat Statistik. (2018). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2018. Jakarta : Badan Pusat Statistik.
Bahri, S. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdikbud. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdikbud. (2018). Permendikbud Ri No. 34 Tahun 2018 Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Herminarto, S., Tawardjono, U., dan Gunadi. (2014). Peningkatan Mutu Pembelajaran Teknologi Pengecatan Melalui Metode Jigsaw Bagi Mahasiswa Otomotif FT UNY. Jurnal JPTK Vol 22, 89-98.
Husammah et.al. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Magelang: UMM Press.
Kusumah, W. & Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Majid, A. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhlisin. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PDTO Siswa Kelas X TSM B di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulyasa, H.E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Purwanto, N. (2014). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Puspendik Kemendikbud. (2018). Laporan Hasil Ujian Nasional. Diambil pada tanggal 11 Juli 2019 dari Puspendik Kemendikbud : https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/.
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21. Bandung: Alfa Beta.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.
Sardiman, (2011), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Siregar, E. & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sofyan, H. (2015). Metodologi Pembelajaran Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana.
Utami, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal JPTK Vol 22, 424-431.
Yamin, M. (2007). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GP Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.