IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI TRANSMISI MANUAL SISWA KELAS XI TKRO 2 SMK NASIONAL MALANG

Authors

  • Erlangga Rachma Mahendra Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Partono Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Syaiful SMK Nasional Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.84725

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Quizizz, Transmisi Manual, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKRO 2 SMK Nasional Malang pada kompetensi sistem transmisi manual melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung media interaktif Quizizz. Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sebelumnya yang cenderung konvensional dan kurang melibatkan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi post test, dokumentasi, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada pra-siklus, rata-rata nilai siswa sebesar 57,08 dengan ketuntasan 0%. Setelah siklus I, rata-rata meningkat menjadi 75,83 dengan ketuntasan 75%. Pada siklus II, rata-rata nilai mencapai 85 dengan ketuntasan 96%. Implementasi PBL dengan media Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan aktif siswa, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar pada materi transmisi manual. Dengan demikian, model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran vokasional yang menuntut keterampilan analitis dan praktis siswa.

References

Ahmar, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning : Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 10-17.

Aldila, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning . Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 51-57.

Anggraini, W. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo. IJIS Edu : Indonesian Journal of Science Education, 55-62.

Darwati, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara. WIDYA ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra , 61-69.

Djonomiarjo, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksar, 39-46.

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2097-2107.

Mukminin, D. S., & Yuswono, L. C. (2021, November). MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH SEMIN. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 47-56.

Ningrum, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 1-5.

Nurbiyanto, E. (2019, November). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TKR SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 115-126.

Parasamya, C. E. (2017). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 42-49.

Pramana, B. A., & Mardiani, D. (2022). emampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. PowerMathEdu, 83-92.

Pramesti, A., Putri, F. N., Prastiwi, A. B., & Zamzuri, M. (2022). Penerapan Problem Baseed Learning dengan Media Papan Pecahan dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Kelas IV SD. ALGAZALI | International Journal of Educational Research, 53-59.

Rerung, N. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED . Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 47-55.

Rismawati, M. (2021, Agustus). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 8-15.

Sutarsa, D. A. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika , 169-182.

WD, M. A., Sondang, M., Hanifah, L., & Kusumayati, L. D. (2022, Maret). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA UNTUK MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN. Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya, 7, 24-36.

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 1120-1129.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Mahendra, E. R., Partono, & Syaiful. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI TRANSMISI MANUAL SISWA KELAS XI TKRO 2 SMK NASIONAL MALANG. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 7(2), 12–23. https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.84725

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.