MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH SEMIN

Dika Saiful Mukminin

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI TKR1 SMK Muhammadiyah Semin pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) dengan menerapkan model problem-based learning (PBL). Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi, sehingga pembelajaran yang dilakukan secara dalam jaringan (daring). Model penelitian tindakan kelas ini menggunakan model tipe spiral Kemmis dan Mc Taggart yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI TKR1 SMK Muhammadiyah Semin tahun ajaran 2020/2021 pada mata pelajaran PKKR. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes yang kemudian diolah secara kuantitatif pelaksanaan model PBL dan hasil belajar peserta didik pada tiap siklus. Kriteria keberhasilan yang diharapkan adalah ketuntasan kelas 75% dengan nilai KKM 75,00. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model PBL dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar dari 76,7 pada siklus I dan meningkat menjadi 80,2 pada siklus II, dengan persentase ketuntasan kelas 69,57% pada siklus I dan meningkat menjadi 81,8% pada siklus II. Berdasarkan data, model PBL mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga saran untuk penelitian selanjutnya agar dapat menerapkan model pembelajaran pada kompetensi dasar yang serupa sekaligus juga meneliti aspek sikap yang belum diteliti pada penelitian ini.

Kata kunci: problem-based learning, hasil belajar, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Indonesia : Badan Standar Nasional Pendidikan.

Hamdayama, J. (2017). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Komariah, K., Sofyan, H., & Wagiran. (2019). Problem-Based Learning: Implementasi dan Urgensinya Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Kependidikan. 3(2). 207-219.

Nurbiyanto, E. (2019). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan TKR SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif. 2(1). 115-126.

Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Pambudi, GW. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI OD SMK YAPPI Wonosari. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif. 2(1). 67-84.

Republik Indonesia. (2003). Undang Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara : Jakarta.

Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kemendikbud : Jakarta.

Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Kemendikbud : Jakarta.

Rofiq, Z. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Peningkatan Hasil Belajar Gambar Teknik di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22(2). 235-240.

Sugihartono, dkk.(2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wastono, FX. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pada Mata Diklat Teknologi Mekanik Dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22(4). 396-400.

Yuswono, LC., Martubi., & Sukaswanto. (2014). Profil Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Otomotif di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22(2). 173-183.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.45569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

Supported by:



RJI Main logo



 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats