Implementasi Teori Belajar Sibernetik untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Teknik bagi Mahasiswa Jurdiknik Mesin Tahun 2009

 Pradoto Pradoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) tahap-tahap penyelesaikan aplikasi integral tertentu dalam mata kuliah matematika teknik yang dibangun dari teori belajar sibernetik, (2) divergensi dari soal-soal aplikasi integral tertentu dalam mata kuliah matematika teknik dan (3) peningkatan prestasi belajar  mata kuliah matematika teknik menggunakan teori belajar sibernetika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa kelas B sebanyak 32 orang (perlakuan) dan D sebanyak 49 orang (kontrol). Semua mahasiswa dalam populasi dijadikan sampel penelitian. Data diambil dari hasil penyelesaian soal-soal aplikasi integral. Data dianalisis dengan cara kualitatif yaitu melihat rerata skor yang diperoleh kedua kelompok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada 7 tahap dalam penyelesaian soal aplikasi integral tertentu, (2) divergensi dalam soal matematika teknik dapat dilakukan dengan mengubah konstanta, fungsi integrand, posisi benda dan variabel yang digunakan dan (3) bahwa pembelajaran dengan teori belajar sibernetika dapat meningkatkan hasil prestasi belajar mahasiswa.  Rerata skor yang diperoleh kelompok perlakuan adalah 186,875 lebih baik jika disbanding dengan rerata skor yang diperoleh kelompok kontrol adalah 152,857.

Keywords


teori belajar sibernetik, matematika teknik, prestasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v19i1.7718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats