Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Bencana Alam Bervisi SETS terhadap Sikap Tanggap bencana Siswa dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.48657Keywords:
SETS, natural disaster, effect sizeAbstract
References
Damayanti, R. (2013). Penerapanbookletinstruksional Mandiri Ipa Berpendekatan Sets Pada Materi Limbah Di Smk Negeri Kota Semarang [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.
Dwisetyaningrum, Y. (2011). Pembelajaran Bencana Alam dengan Model PPT Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berorientasi pada Kepedulian Lingkungan. [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.
Frankenberg, E., Sikoki, B., Sumantri, C., Suriastini, W., & Thomas, D. (2013). Education, vulnerability, and resilience after a natural disaster. Ecology and Society: A Journal of Integrative Science for Resilience and Sustainability, 18(2), 16.
Indrawati, F. Y., Fatmaryanti, S. D., & Maftukhin, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Model SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Terintegrasi Mitigasi Bencana Alam Terhadap Kemampuan Analisis dan Transferable Skills Peserta Didik. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 12(2), 54–60.
Karnawati, D., & Pramumijoyo, S. (2008). Strategy for promoting education for natural disaster reduction in Indonesia and ASEAN region. B. Rouhban, & R. Shaw, The First World Landslide Forum, 1–4.
KUSMIANTY, D. (2019). Model Pembelajaran Sets Dengan Metode Praktikum Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis [PhD Thesis]. Universitas Pancasakti Tegal.
Masfuah, S., & Rusilowati, A. (2011). Pembelajaran Kebencanaan Alam dengan Model Bertukar Pasangan Bervisi SETS untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).
Ngabdiningsih, S. W., Susantini, E., & Ismono, I. (2013). Penerapan model pembelajaran problem based instruction (pbi) pendekatan Science. Environment, Technology, and Society (SETS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Banjir. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 7–14.
Ophiyandri, T., Amaratunga, D., & Pathirage, C. (2009). Managing disaster in Indonesia. Conference Programme & Proceedings, 278.
Puspitawati, E. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Team Games Tournament Bervisi SETS pada Pembelajaran IPA yang Mengintegrasikan Materi Kebencanaan [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.
Rahayu, M. (2011). Penerapan Group Investigation Bervisi SETS Pada Pokok Bahasan Perubahan Benda untuk Meningkatkan Pemahaman Dampak Bencana Alam dan Berpikir Kritis Siswa [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.
Rahmawati, E. (2013). Pengintegrasian Pembelajaran Pengurangan Risiko Bencana (prb) Dalam Ipa Melalui Model Ctl Bervisi Sets Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.
Rusilowati, A., Binadja, A., & Mulyani, S. E. S. (2012). Mitigasi bencana alam berbasis pembelajaran bervisi science environment technology and society. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).
Rusilowati, A., Linuwih, S., Binadja, A., & Salawane, C. (2019). Science environment technology and society approach learning to improve natural disaster mitigation literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012119.
Septikasari, Z., & Ayriza, Y. (2018). Strategi integrasi pendidikan kebencanaan dalam optimalisasi ketahanan masyarakat menghadapi bencana erupsi gunung merapi. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 47–59.
Wasiso, S. J. (2013). Implementasi Model Problem Based Learning Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA dan Kebencanaan oleh Siswa. Journal of Innovative Science Education, 2(1).
Wedyawati, N. (2014). Pembelajaran IPA Bervisi SETS untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Peningkatan Sikap Tanggap Bencana Siswa Kelas IV SD Swasta & Negeri (SD Kristen Imanuel Nanga PInoh & SD Negeri 1 Nanga Pinoh). Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 115–124.
Wedyawati, N., Lisa, Y., & Selimayati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Mitigasi Bencana Terhadap Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 261–273.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.