Hubungan Motivasi Kerja dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12471Keywords:
motivasi kerja, kesejahteraan, kinerja guruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara motivasi kerja dan kesejahte-raan terhadap kinerja guru matematika SMP di Kota Pekanbaru Riau. Penelitian dilaksanakan pada Sep-tember 2011 sampai dengan September 2012. Populasi dan sampel penelitian berturut-turut terdiri atas 334 guru dan 117 guru. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner berbentuk skala Likert untuk mengukur motivasi kerja, kesejahteraan, dan kinerja guru matematika SMP di Kota Pekanbaru. Data dianalisis seca-ra deskriptif dan inferensial, yaitu analisis regresi linear, analisis korelasi sederhana, analisis regresi linier berganda, dan analisis korelasi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja, ke-sejahteraan, dan kinerja guru matematika masing-masing dikategorikan tinggi, berturut-turut dengan persentase 81,13%; 72,60%; dan 78,60%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hubungan antara motivasi kerja dan kesejahteraan terhadap kinerja guru matematika sebesar 66%. Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru matematika sebesar 30,90% dan pengaruh kesejahteraan terhadap kinerja guru matematika sebesar 23,3%.
Kata kunci: motivasi kerja, kesejahteraan, kinerja guru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.