Pengaruh pelatihan berbasis Mindfulness terhadap tingkat stres pada guru PAUD

Ega Asnatasia Maharani, , Indonesia

Abstract


Guru merupakan profesi yang rentan mengalami stres. Mindfulness sebagai salah satu strategi emotional coping merupakan alternatif intervensi yang dapat membantu guru mengatasi kondisi stres yang dialaminya. Pelatihan “Smiling Mind” (SM) yang digunakan sebagai intervensi stres ini menggunakan konsep Mindfulness Based Stress Reduction dan Mindfulness Based Cognitive Therapy. Melalui pelatihan SM ini diharapkan guru dapat meningkatkan mindfulness sebagai sumber daya koping sehingga pada akhirnya mampu menurunkan stres kerja. Partisipan dalam pelatihan adalah 5 guru PAUD berusia 20-35th yang mengajar di TK Khalifah Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen the one group pretest-posttest design dengan desain small group. Pelatihan SM dilaksanakan selama jangka waktu 2 minggu, dengan 7 sesi dalam 3 pertemuan berdurasi 150-180 menit per pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat stres guru sebelum dan sesudah pelatihan, sehingga pelatihan Smiling Mind efektif menjadi intervensi psikologis guru. Penurunan skor terbesar ada pada aspek fisik, dilanjutkan aspek emosi, perilaku dan kognitif. Protokol pelatihan berbasis mindfulness dapat dikembangkan sebagai alternatif intervensi penanganan masalah stres guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN



Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter