Sekolah Unggulan Berasrama Model SMU Taruna Nusantara Magelang Jawa Tengah

Asep Sukendar, FX Sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang akurat dan objektif tentang pelaksanaan program pendidikan dan pembinaan siswa SMU Taruna Nusantara Magelang sebagai salah satu sekolah unggulan di Indonesia, berdasarkan komponen pendidikan yang dimilikinya. Alasan dipilihnya SMU Taruna Nusantara sebagai objek penelitian karena sekolah ini dianggap memiliki keunggulan di bidang input, sarana-prasarana, lingkungan belajar, serta SMU berasrama penuh. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan acuan bagi sekolah-sekolah sejenis yang memiliki wawasan kualitas sebagai tujuan utamanya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif evaluasi melalui pendekatan fenomenologis yang sifatnya studi kasus.

Hasil yang diperoleh antara lain: rekrutmen calon siswa dan guru SMU Taruna Nusantara dilaksanakan sangat selektif dan berjenjang, menggunakan kurikulum yang dikembangkan, yaitu Kurikulum Depdiknas tahun 1994 yang disempurnakan dan Kurikulum Khusus, proses pendidikan dan evaluasi meliputi: aspek akademik, jasmani, dan kepribadian, manajenal kepala sekolah dalam membina hubungan kerja dengan para pamong dan siswa dilakukan melalui pola kekeluargaan, dan keberadaan SMU Taruna Nusantara dirasakan berdampak positif bagi masyarakat di sekitarnya.

Kata kunci: sekolah unggulan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v3i4.2073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:


ISSN 2338-6061 (online)

View Journal Visitor Stats