Kontribusi Penentu Produktivitas Karyawan Seni di Bali

Putri Anggreni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan individual seniman dan kemampuan mengembangkan produk seni. Penelitian ini menguraikan serta mengungkap kemampuan internal dan eksternal individu dalam meningkatkan produkti vitas. Kemampuan internal individu terdiri dari variabel: (1) kreativitas, (2) desain, dan (3) proses berkarya. Sedangkan kemampuan eksternal individu terdiri dari variabel: (1) bahan baku, (2) proses produksi, dan (3) pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratory-confirmatory dengan metode kuantitatif.

Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan seni yang ada di Kabupaten Gianyar, dan sampel penelitiannya adalah 217 orang karyawan seni yang terdiri dari 90 orang karyawan seni patung pada "AWA Gallery", 37 orang karyawan tenun ikat Bali pada perusahaan pertenunan "Setia Cap Cili", dan 90 orang karyawan seni lukis tradisional Bali pada MDian Lestari Painting**. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket untuk mengungkap variabel bahan baku, kreativitas, desain, proses berkarya, proses produksi, dan pemasaran terhadap produktivitas karyawan seni di Bali. Tiap-tiap instrumen di uji coba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik analisis butir, dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan formula Alpha dari Cronbach. Data dianalisis dengan teknik statistic deskriptif dan analisis regresi ganda.

Hasil analisis regresi ganda untuk pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh bahan baku, kreativitas, desain, proses berkarya, dan proses produksi terhadap produktivitas karyawan seni di Bali. Sedangkan untuk pengujian hipotesis yang lain, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemasaran terhadap produktivitas karyawan seni di Bali (pada taraf signifikansi 5%). Keenam variabel bebas secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 9,6% terhadap produktivitas karyawan seni. Besarnya kontribusi keenam variabel bebas mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah dalam menjelaskan produktivitas, yaitu: pemasaran (X6) = 4,2%, proses berkarya (X4) = 1,8%, bahan baku (X,), kreativitas (X2) = 1,2%, proses produksi (X5) = 0,9%, dan desain (X3) = 0,3%.

Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa variabel pemasaran berpengaruh secara signifikan dan memeberikan kontribusi paling besar terhadap produktivitas karyawan seni di Bali. Hal tersebut diduga karena diterapkannya strategi pemasaran yang terfokus pada kepentingan mencari keuntungan, dalam usaha untuk mendapatkan penghasilan (income generating), dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Untuk mendorong berkembangnya kemampuan seniman Bali, perlu dicari strategi produksi dan pemasaran produk seni yang mendorong berkembangnya kreativitas, desain, dan proses berkarya yang original dan bernilai seni tinggi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menetapkan segmentasi pasar yang dituju. Di mana dengan mengetahui sasaran pasar yang diinginkan, akan memudahkan dalam pemasaran produk seni yang dihasilkan, di samping itu juga dapat digunakan untuk memenuhi permintaan dan harapan dari konsumen/pelanggan yang berdampak pada kepuasan dari konsumen/pelanggan terhadap produk seni yang dibeli. Sedangkan strategi pemasaran yang dilaksanakan melalui peningkatan kemampuan eksternal dengan mengikuti perkembangan teknologi. Penerapan   perkembangan   teknologi   dilakukan   melalui   usaha pengawetan terhadap karya seni yang dihasilkan, dengan tujuan agar karya seni tersebut dapat tahan lama dan berkualitas tinggi, baik yang dilakukan dengan cara tradisional maupun modern (mekanis). Di samping itu, juga dalam usaha untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari proses produksi, sehingga produk seni yang dihasilkan benar-benar merupakan produk seni yang memiliki kualitas, nilai seni yang tinggi, dan original (merupakan karya seni asli" para seniman).

Kata kunci: produktivitas karyawan seni di Bali, pemasaran, proses berkarya, bahan baku, kreativitas, desain.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v5i6.2061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:


ISSN 2338-6061 (online)

View Journal Visitor Stats